Desa Kananta Kec.Soromandi Punya Sejuta Akademisi Yang Handal dan Kredibel


Soromandi. Media Dinamika Global. Id. - Desa Kananta Kec.Soromandi Mempunyai Sejuta Akademisi Yang Handal dan Kredibel. Disana sini Para Akademisi ini selalu memberikan kontribusi demi terwujudnya Pembangunan di Desanya. Tak dapat Pungkiri lagi selain sebagai Pemateri di Desa juga menjadi Pemateri di Wilayah Kecamatan, Kabupaten, Kota dan Bahkan lebih Luar biasa adalah menjadi Narasumber di Kab.Dompu.

Narasumber yang mengisi Acara hari ini Sabtu,18/06/2022 dengan hajatan 'Menggali Potensi Desa Kananta yang Maju'. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kananta,Para Calon Kades Kananta,Ketua BPD,Bhabintribun dan para Kaulah Muda yang selalu memberikan Sugestif dalam Kegiatan ini.

Beberapa Narasumber dimaksud adalah Bapak Aidin,M.Si atau yang Biasa disapa Thoufan,Bapak Baharuddin, S.Pd. M.Ed atau yang biasa disapa La Ndolo Conary,dan Bapak Dr.Masrin,S.Pd.M.Pd yang diwakili oleh Bapak Najamudin, MM. Mereka ini(Red)merupakan bagian yang dari Warga Asli Desa Kananta Kec.Soromandi.

Dalam Kesehariannya Nasumber ini mempunyai Pekerjaan sebagai Dosen di beberapa Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta, kemampuannya tidak diragukan lagi dan eksistensinya jauh lebih spektakuler. Mengembangkan Managerial adalah fokus utamanya sehingga hampir semua Organisasi yang ada di Wilayah Kecamatan, Kabupaten, Kota hingga Dompu selalu saja mengundangnya.

Sebagaimana Pantauan Langsung Media ini bahwa Kegiatan ini sungguh sangat elastis. Berjalan tertib,aman,dan lancar. Satu per satu para Pematari memberikan pemahaman tentang sebuah Konsep baik secara Abstrak maupun Pemateri disampaikan oleh Aidin Syamsudin, M.Si mengatakan dengan Menggali Potensi dalam Bidang Sosial dan Ekonomi.

Terkait dengan Potensi di Desa Kananta cukup luar biasa misalnya terkait dengan mundurnya beberapa Bidang seperti SDM(Sumber Daya Manusia). Perlu diketahui bahwa Masalah yang ditimbulkan oleh Masyarakat dan harus ada keterlibatan Pemerintah melalui Peningkatan BUMDES,ini merupakan sumber PAD dari Bumdes itu sendiri.

Kemudian banyak hal yang berpotensi di Desa Kananta,misalnya Gotong Royong, Peningkatan Ekonomi dengan mengembangkan Usaha kecil dengan modal dari Pemerintah Desa yang telah disiapkan. Kemudian terkait dengan masalah yang paling besar,mari manfaatkan meningkatkan Pendidikan secara Gratis pada semua jenjang dan Peningkatan Bumdes agar kemudian Peningkatan Ekonomi memadai.

Jangan takut untuk memulai Usaha,yang penting ada Niat dengan tetap mengedepankan Komunikasi,kadang kita terabaikan dengan hal kecil padahal Omzetnya sangat besar.

Baharuddin, S.Pd. M.Ed mengemukaan tentang kebudayaan Lokal dan Peningkatan ESDM. Budaya Bima sudah lama sekali misalnya ada istilah Sarangge sebagai bagian untuk melakukan Musyawarah untuk mengatasi Masalah Warga Desa.

Yang kedua kenapa harus ada,sebab ini paling bergengsi terutama Kebudayaan yang harus dikelola oleh Desa,misalnya ada Situs Wadupaa yang harus di tata dan dikelola dengan baik oleh Desa. Juga ada Budaya yang disebut ada Doa Dana Rasa,Tradisi seperti ini harus di kembangkan bagi siapa pun yang nanti terpilih.

Budaya ini harus di lestarikan atau dikembangkan oleh Desa dengan mengelola sendiri dengan memberikan ruang Warga untuk berkreasi.

Ada semacam Musium untuk melestarikan Budaya misalnya Acara Adat istiadat Kawongga,Kandei dan Tarian tradisional lainnya juga ada Jompa Mbojo dan arsitektur nya sudah diatur sedemikian rupa.

Najamudin,MM terkait dengan Pemuda dan Pariwisata. Setiap Pemuda adalah Aset yang harus di akomodir. Di wilayah Kec.Soromandi ada banyak Potensi Pemuda dari satuan tingkat Pendidikan mulai ada yang Magister dan bahkan Ada Doktor. Kreatifitas Masyarakat di Bidang Pertanian ada Petani Jagung,dan Bawang. Ada juga Sektor Perikanan dan sektor lainnya.

Ada beberapa Elemen yaitu Pemerintah, Masyarakat. Pemuda dikembangkan misalnya ada masalah Pemuda berpotensi menjadi masalah Seksual. Ini pasti ada kaitan dengan penggangguran.(***).
Load disqus comments

0 komentar