Presiden Soal Minyak Goreng, Usut Tuntas Agar Tahu Siapa yang Bermain


Sumenep. Media Dinamika Global. Id. -Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar penegak hukum mengusut tuntas persoalan  agar tidak ada lagi permainan harga yang merugikan masyarakat. Seperti dikutip dari TVRINews, Sumenep

"Kemarin dari Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini, dan saya minta diusut tuntas, sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain ini bisa mengerti", tegas Presiden.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi saat membagikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada sejumlah pedagang di Pasar Bangkal Baru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Menurut Presiden, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan minyak goreng, antara lain melalui beragam kebijakan seperti penetapan harga eceran tertingi (HET) untuk minyak goreng curah dan subsidi ke produsen. Namun, Presiden melihat kebijakan tersebut belum berjalan dengan efektif dalam beberapa pekan ini.

"Di pasar saya lihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan, artinya memang ada permainan," ucapnya.

Sebelumnya pada Selasa (19/4) kemarin, Kejaksaan Agung menetapkan empat tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian izin fasilitas ekspor minyak goreng periode 2021-2022.

Salah satu tersangka adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, IWW. Sedangkan tiga tersangka lainnya adalah para petinggi perusahaan yang berupaya mendekati IWW agar memberikan izin ekspor CPO.

Penulis: Ricardo Julio

Load disqus comments

0 comments