MotoGP Mandalika, Menabuh Genderang Kebangkitan Sektor Parekraf NTB

Foto: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno

Mandalika, Media Dinamika Global.Id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, menyatakan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus membawa optimisme kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf). Gelaran ini pun harus dirawat untuk jadi momentum kepulihan ekonomi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesia.
“MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan dsmenengah (UMKM) lokal,” ujar Sandaiga Salahudin Uno saat dikonfirmasi tim Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022, Sabtu (18/3/2022).

Karena itu, Sandiaga berharap kehadiran dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Badan Parekraf) ini dapat menggerakkan dan memberdayakan UMKM.

"Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," kata Sandiaga Uno.

Menurutnya Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya juga telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal, dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi. Sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).
Selama tiga hari, masyarakat akan disuguhi event sport tourism kelas dunia yang menjadi daya tarik kuat bagi para penggemar MotoGP maupun wisatawan.


Wisatawan pun telah banyak berdatangan melalui berbagai pintu masuk. Salah satunya Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Ada yang menarik saat wisatawan menginjakkan kaki di Bandara Lombok. Wisatawan mendapatkan pengalaman berbeda. Selain ornamen dan hiasan khas MotoGP, wisatawan juga disuguhi deretan produk ekonomi kreatif UMKM serta berbagai karya seni dari desa wisata yang ada di Lombok.
Kemenparekraf/Baparekraf dalam penyelenggaraan side event untuk promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika dengan menghadirkan showcasing produk ekonomi kreatif yang berlokasi di area selasar terminal kedatangan BIZAM.

Berbagai produk ekonomi kreatif UMKM yang ditampilkan tersebut adalah khas dari desa wisata di Pulau Lombok. Seperti produk UMKM dari Desa Wisata Dusun Sade berupa kain tenun, kerajinan, serta tarian.

Adapun kain tenun yang ditampilkan seperti Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. Sementara untuk kerajinan, dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade.

Wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pertunjukan budaya atau culturale performance berupa tarian yang ikonis. Di antaranya Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga. Wisatawan juga dapat melihat langsung keahlian para pengrajin kain tenun dari Dusun Sade.
Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekraf melalui “Planogram Goes to Mandalika” di tempat yang sama. Melalui planogram ini wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.
Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika.

MotoGP Indonesia merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022 setelah sebelumnya seri pertama berlangsung di Qatar pada awal Maret 2022. Di seri pertama, pembalap asal Italia dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil meraih tempat pertama.

Gresini Racing merupakan tim balap yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam upaya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Logo ikonis Wonderful Indonesia terpasang pada bagian sayap depan dari motor milik Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio. Logo "Wonderful Indonesia" terpasang pada winglet motor balap Ducati Gresini Racing.
(Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 comments