Kapolda NTT Berikan Atensi Khusus Ke Seluruh Jajaran Kapolres Guna Antisipasi Penyebaran covid-19

Keterangan Foto: Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, SH., MH. (Foto Orbyn Nggala).

Ende, Media Dinamika Global.Id -- 
 Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H kembali meninjau pelaksanan vaksinasi bagi masyarakat di Asrama Haji Kupang, Kelurahan Oebufu, Kota Kupang, Rabu (9/3/2022).
Dalam kegiatan ini, Kapolda NTT didampingi sejumlah Pejabat Utama diantaranya, Karoops, Kabidhumas dan Kabid TIK serta Kapolres Kupang Kota. Hadir juga, dokter Tentara Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang dan para Pengurus Pemuda Muhammadiyah Kupang.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kapolda juga mengikuti kegiatan arahan dan petunjuk dari Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si melalui sarana video Conference (Vicon) terkait penanganan covid-19.

Usai mengikuti Vicon dengan Kapolri, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H menyamapikan bahwa, kondisi konfirmasih aktif covid-19 di NTT cukup tinggi, dimana kemarin sebanyak 807 dan pehari ini meningkat sebanyak 1349.

"Kenaikannya cukup tinggi, cukup signifikan. Banyak faktor yang mempengaruhi, tetapi saya minta kepada seluruhnya untuk menjadi penyambung lidah menyampaikan kepada keluarga untuk vaksin dan menjaga kondisi badan dan sebagainya." Pinta Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Terkait kondisi konfirmasi aktif yang cukup tinggi ini, Kapolda NTT memberikan atensi khusus kepada seluruh Kapolres jajaran guna melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menekan penyebaran covid-19.

"Jangan sampai kemudian kita berada pada peringkat lima besar, sekarang sudah sepuluh besar. Khusus untuk para Kapolres, peringkatnya sekarang cukup tinggi harus kita berusaha untuk mengurangilah setidaknya", tegasnya.

Sementara terkait perkembangan presentase vaksinasi di NTT, Jenderal bintang dua ini menyamapikan bahwa, vaksin tahap satu dan dua saat ini sudah cukup tinggi.

"Dosis pertama itu sudah mencapai diangka 86%, kemudian dosis yang kedua itu sudah mencapai angka 56%. Memang belum sampe pada 70% sebagaimana target, tapi bersama dengan staceholder yang lain terus berusaha untuk meningkatkan angka itu." jelas Kapolda NTT.

"Jadi beberapa wilayah yang sudah mencapai dosis pertama 100% antaralain, Polres Kupang Kota, tentunya juga melibatkan Dinas Kesehatan Kota Madya dan staceholer yang lain." Tambanya.

Sedangkan untuk lansia, ia katakan masih rendah presentasenya, karena berbagai kendala seperti  komorbid sehingga tidak bisa melakukan vaksin.

"Untuk anak-anak, lumayan sudah scukup tinggi presentasenya sekitar 40%. Kita harapkan dosis satu, dua terhadap anak-anak, terhadap lansia ini terus kita kejar dengan melakukan vaksinasi serentak sesuai instruksi Kapolri." Harap orang nomor satu di Polda NTT ini.

Ia juga berharap semua pihak bisa bekerja sama dalam rangka satu tujuan yakni, meningkatkan Herd Immunity.

"Ada dua hal instruksi Presiden, yang pertama adalah mempercepat vaksinasi, kemudian yang kedua adalah masalah disiplin terhadap protokol kesehatan. Kita tentu berharap semuanya bisa disiplin untuk mengurangi laju peningkatan angka konfirmasi positif ini", Tandas Kapolda NTT.

Pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat ini merupakan kegiatan vaksinasi hari kedua yang dilakukan oleh Polres Kupang Kota dan Pemuda Muhammadiyah NTT dengan melibatkan tenaga vaksinator dari Urkes Polres Kupang, RST Wirasakti Kupang dan Puskesmas Oepoi.

Sasaran vaksinasi ini sendiri bagi masyarakat umum baik itu, dewasa, remaja, anak usia 6-11 tahun dan para lansia untuk vaksinasi tahap pertama, kedua maupun Boster. (MDG. Orbyn Nggala).
Load disqus comments

0 komentar