Walikota Bima : Di Hari Pers ini, Peranan Pers Dalam Membangun Bangsa dan Negara Sangat Esensi


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. - Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) di momentum HPN 2022 banyak mengungkapkan sejarah berdirinya Pers di Negeri ini. Seperti dilansir oleh Bimantika.net

Walikota Bima yang juga mantan Anggota DPR RI yang pernah juga menggawangi salah satu media cetak di era 90-an ini menyebutkan bahwa Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menggambarkan bahwa pers mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam ikut serta melaksanakan pembangunan.

“Pers sangat besar peranannya untuk bangsa dan negara ini sehingga eksistensinya tentu menjadi urgen dalam menyampaikan segala bentuk informasi pada publik” ungkap Walikota HML saat dihubungi media Online Bimantika Minggu Malam 6 Pebruari 2022.

Dalam sejarah Pers, Walikota HML mengemukakan bahwa Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan Pemerintah.

Menurut Walikota HML Pers memegang peranan penting untuk mewujudkan Demokratisasi pada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pers atau Media Landasannya adalah idealis, sinergi antar komponen, antara komponen pers dan masyarakat serta pemerintah, seperti tergambar pada nilai independensinya” ujarnya.(ADV)
Load disqus comments

0 comments