Logistik Untuk Keperluan Tes Pramusim MotoGP di Pertamina Sirkuit Mandalika Terus Berdatangan


Lombok. Media Dinamika Global. Id. Logistik untuk keperluan tes pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) terus berdatangan. Puncaknya adalah pengiriman dengan pesawat terbang pada 7-8 Februari 2022. 

Sebelumnya, bahan bakar dan ban untuk tim MotoGP sudah lebih dahulu tiba di Sirkuit Mandalika. Juga beberapa peralatan yang akan dipakai Dorna untuk keperluan Official Test MotoGP nanti. 

Menurut Humas Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (AP I - BIL) Arif Haryanto, kepastian kedatangannya ditangani agen kargo yang ditunjuk oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA). "Sedangkan proses kedatangan tim dan ofisial menggunakan skema bubble,’’ katanya, Jumat 4 Februari 2022.

Untuk kedatangan tim balap yang juga menjalani prosedur karantina, mereka akan dikawal Satuan Tugas Bubble menuju Kantor Kesehatan Pelabuhan di AP I - BIL. Disiapkan 12 jalur scan aplikasi e-HAC yang memerlukan waktu antrian lima menit dan prosesnya dihitung hanya satu menit.

Setelah itu, baru melewati imigrasi yang menyediakan enam jalur pemeriksaan. Kemudian melalui dua conveyor bagasi dan melewati pemeriksaan Bea Cukai sebelum dibawa keluar bandara. "Proses keseluruhan per orang 32 menit,’’ ujar Arif Haryanto. 

Untuk tim balap dan ofisial tim MotoGP setelah proses di bandara akan dibawa dengan kendaraan shuttle menuju lokasi karantina yang telah ditentukan.

Jika mengacu kedatangan logistik World Superbike Nopember 2021, menggunakan pesawat jenis kargo Boeing 777 Freighter milik maskapai Qatar Airways. Pesawat Qatar Air langsung terbang dari Doha ke Lombok.

Direktur Operasional Dorna Sports S.L Carles Jorba ketika itu menjelaskan terkait logistik superbike dan MotoGP yang ditangani Dorna Sports. Menurutnya, aktivitas ini bukan hanya memindahkan semua material antara negara Eropa yang saling menempel, namun sering juga antar benua.

Lanjutnya, material yang harus dipindahkan antar sirkuit dalam gelaran MotoGP adalah sekitar 260 ribu kg atau 260 ton.  Sebanyak 210 ton merupakan material tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 sekaligus kegiatan tambahan seperti rookies cup dan 50 ton adalah material Dorna sebagai EO-nya.

Sebanyak 50 ton material milik Dorna, mencakup  semua peralatan pengukuran, sumber listrik, peralatan televisi, safety car, pemancar dan lainnya. Dari 210 ton material tim ini semua dikemas menjadi sekitar 300 petikemas. Masing-masing tim memiliki bobot material bawaan sekitar 10-12 ton. Sedangkan untuk tim moto2 dan moto3 adalah sekitar 4-6 ton per tim. 

Sirkuit Mandalika dijadwalkan menggelar official test MotoGP pada 11-13 Februari 2022. Sedangkan balapan MotoGP Mandalika yang masuk sebagai seri kedua digelar pada 18-20 Maret 2022.  [Tempo]

Load disqus comments

0 komentar