Disparpora Kota Bima Lakukan Modernisasi Pengelolaan Penerimaan PAD di Lawata


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. -Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bima M. Natsir, M.Pd dan beberapa Kepala Dinas pengelola PAD pada hari Rabu, 2 Februari 2022 menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (EPTD) Kota Bima yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi NTB di Mataram. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan menyangkut Implementasi QRIS Destinasi Wisata Unggulan Daerah dan pada beberapa objek pungutan di daerah.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah, Cepat dan terjaga keamanannya. 

Implementasi QRIS diharapkan bukan hanya menjadi salah satu perwujudan program Smart City yang digagas Walikota Bima saat ini, tetapi juga sebagai upaya untuk menghindarkan kontak person dengan uang secara langsung. 

Bahkan program ini diyakini selain dapat mengoptimalkan penerimaan PAD, juga sekaligus mengeliminir potensi kebocoran pendapatan di daerah. 

Khusus bagi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga sangat antusias dan berikrar untuk segera mengimplementasikan program ini. Karena itu salah satu langkah awal akan di implementasikan di Kawasan Wisata Pantai Lawata.

Berkat koordinasi cepat dengan pihak penyedia program, sepulang dari kegiatan tersebut Pihak Bank BNI Cabang Bima bertandang pada Kantor Dinas Pariwisata Kota Bima, untuk mengkoordinasikan format kesepahaman yang insyaallah akan diikat Melalui perjanjian kerjasama antara kedua pihak. Bahkan pihak BNI sangat antusias untuk menjembatani dan membantu pentahapan aplikasi QRIS tersebut. 

Diakhir pertemuan tersebut juga disepakati untuk membicarakan lanjut terkait bentuk kesepahaman dan komitmen CSR yang akan ditanggung oleh pihak BNI, bahkan jika dimungkinkan implementasi QRIS rencananya akan di Launching pada tanggal 17 Februari 2022 mendatang. 

Selain itu pihak Bank BNI Cabang Bima juga sangat setuju jika disiapkan fasilitas Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebagai penunjang transaksi keuangan di Kawasan Wisata Pantai Lawata. (MDG 01)

Load disqus comments

0 komentar