NTB Direncakanan Akan Menjadi Salah Satu Tuan Rumah Event MotoGP 2022


Mataram. Media Dinamika Global. Id. - Ditunjuk Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah sebagai Koordinator Persiapan Infrastruktur MotoGP, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ir. H. Ridwan Syah siap melaksanakan tugas. Seperti yang sudah diketahui, NTB direncakanan akan menjadi salah satu tuan rumah Event MotoGP 2022. 

Tepatnya berlokasi di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah event dunia tersebut akan digelar. Direncanakan mampu menampung 100.000 penonton yang semula hanya direncanakan 63.000, tentunya persiapan harus lebih extra.

“Kita harus mampu memfasilitasi Kementerian PUPR untuk menyelesaikan pekerjaan penataan kawasan koridor disekitar Mandalika yang harus selesai sebelum perhelatan MotoGP”, begitu ujar Kepala Dinas PUPR kepada seluruh jajarannya saat apel pagi.

Anggaran dari Pemerintah Daerah sekitar 570M untuk penataan kawasan baik dari byPass BIL – Mandalika dan juga pekerjaan jalan Kuta – Kruak (5.3KM). Serta pembenahan di segmen 2 (1.4KM) tepat depan pintu sirkuit.

Selain dilakukan pembenahan terhadap jalan dan taman, pembangunan saluran pengendali banjir KEK Mandalika, drainase, penataan perumahan sampai penghijauan bukit juga akan turut dilakukan dengan anggaran yang telah disiapkan.

Sinergi antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota juga sangat penting dalam mensukseskan event ini. Beberapa waktu lalu, Gubernur NTB mengajak Bupati Lombok Barat serta Walikota Mataram untuk turut berpartisipasi untuk berbenah dalam persiapan menyambut event dunia ini dengan mempercantik taman-taman.

Setelah MotoGP, event dunia lainnya yang direncanakan akan digelar di NTB adalah MotoCross Grand Prix (MXGP). Menyediakan lahan sekitar 30-40 Hektar, pelaksanaan MXGP direncanakan digelar di Samota, Sumbawa. Hal ini memang masih dalam masa penjajakan rencana besar Pemerintah Provinsi dan pihak-pihak terkait. Dukungan infrastruktur, perpanjangan runway Bandara, pembenahan Infrastruktur kesehatan dan lainnya nantinya akan menjadi fokus perhatian Pemerintah Daerah. 

“Kita memberikan dukungan penuh kepada kebijakan Pemerintah Provinsi NTB maupun Pemerintah Kabupaten dalam rangka membangkitkan kembali ekonomi kita melalui Sport Tourism dan Lombok Sumbawa akan dikenal dunia keindahan alamnya melalui Sport Tourism”, ujar Ir. H. Ridwan Syah. Sumber : Dinas PU Prop.NTB 

Load disqus comments

0 komentar