Bang Rafi Dan Dedi Anggota DPRD Kab.Bima Sosialisasi Penanaman Porang di Desa Sampungu dan Lewintana Soromandi


Soromandi. Media Dinamika Global. Id.-Kunjungan Bapak Rafidin S.Sos dari fraksi PAN dan Bapak Dedi dari fraksi Demokrat di Desa Sampungu dan Desa Lewintana untuk melihat secara langsung lokasi untuk dijadikan penanaman Porang pada hari Minggu,4 Januari 2022 kemarin sekitar pukul,04,32 Wita, kemudian Persiapan Lahan yang dipersiapkan sekitar 3050 hektar yang terletak di Desa Sampungu dan 1000 hektar di Desa Lewintana ,untuk di jadikan lahan penanaman Porang tahun 2022 ini.(06/01).

Alhamdulillah Bang Rafi sapaan akrapnya pada Pekan kemarin langsung Mensosialisasikannya tentang Penanaman Porang yang dapat menjanjikan dengan Harga Pasaran yang cukup Fantastis. Lalu bagaimana Respon Masyarakat terhadap Harga Porang jika dibandingkan dengan Jagung Merah yang juga menggiurkan itu ?

Sekitar 3050 hektar Tanah Warga yang terletak di Desa Sampungu kini siap untuk melakukan Penanaman Porang Perdana pada Tahun yang akan datang. Sementara 1000 hektar Lahan Warga di Desa Lewintana ,untuk di jadikan lahan penanaman Porang tahun 2022 ini. Mudah-mudahan Masyarakat dapat memahami bagaimana pentingnya Penanaman Porang dengan hasil dan Harga yang Cukup Fantastis ini. Demikian di Sampaikan oleh Bang Rafi di sela-sela Kunjungan Kerjannya selaku Anggota DPRD Kabupaten Bima bersama Sahabatnya Dedi dari Partai Drmokrat.

Masih menurutnya bahwa Porang ini merupakan upaya alternatif untuk menambah Incam bagi Masyarakat selain Bertani dengan Jagung Merah yang juga sudah di uji Pendapatannya oleh Petani itu sendiri.

Di tengah sosialisasi ini telah hadir Sahabat Saya Dari Anggota DPRD Kabupaten Bima dari Partai Demokrat,Pengusaha Porang,dan Kasad Narkoba yang juga berminat untuk geluti dalam bidang Pertanian itu. Juga terlihat antusiasme Warga Masyarakat Tani di Dua Desa tersebut membuat saya optimis tentang pentingnya menanam Porang tersebut.

Sementara di satu sisi Bang Rafi mengungkapkan bahwa saat ini kita harus membuka Cakrawala Berpikir,agar dapat menambah penghasilan kita. Beliau mencontohkan di Kabupaten Dompu, banyak sekali Petani yang terbantukan dengan Petani Porang ini. Sebab Porang ini hampir sama dengan Petani Jagung Merah yang harganya cukup Fantastis.

Oleh sebab itu,saya mengajak kepada kita semuannya untuk membuka Pikiran kita kedepannya agar kemudian penambahan Penghasilan kita semakin besar. Harapnya.

Lalu bagaimana Respon Masyarakat terhadap Rencana Dua Anggota DPRD Kab.Bima ?

Ketua Kelompok Tani So Dempa II Ruslin pada Media ini mengungkapkan bahwa yang di lakukan oleh Anggota DPRD Kab.Bima ini sungguh sangat mulia sekali, memang kami hanya dua Potensi Besar yang kami andalkan diantaranya Petani Bawang Merah dan Jagung Merah. Meskipun kami sadari juga tentang bagaimana susahnya kami mencari Pupuk dengan harga menggunung belum lagi Naiknya Harga Obat-obatan. Ucapnya

Akan tetapi kami harus bilang apa,sementara kami petani hanya mengandalkan dua Pola itu saja. Oleh karena itu,lewat adanya Sosialisai seperti ini niscaya kedepannya kami akan mencoba melakukannya sebagaimana telah disebutkan oleh Bapak-bapak yang menjadi Narasumber ini. Ringkasnya

Di sisi lainnya Warga Desa Lewintana juga mengungkapkan hal senada,kami juga sudah siap Lahan sekitar 1000 Ha dengan tujuan agar kami akan mencoba menanam,membudidayakan Porang sebagai bagian dari Kebutuhan Hidup. Katanya


Masih menurutnya,selama ini kami hanya mengandalkan Penanaman Padi dan Jagung Merah saja,namun bila kami flash back selama ini belum ada sosialisasi seperti ini. Dan insyaallah kedepannya kami akan mencoba melakukannya. Bebernya.( Uba S ).
Load disqus comments

0 komentar