Tim Opsnal Brimob Sat Brimobda NTB Terima Senjata Rakitan dari Masyarakat Parangina Sape


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. Giat penyerahan Senjata Api Rakitan oleh Masyarakat Desa Parangina kec.Sape Kab. Bima kepada Tim Opsnal Brimob Sat Brimobda NTB. Pada Hari Selasa Tanggal 21 Desember 2021 sekitar Pukul 10.30 wita Bertempat  dikantor Desa Parangina kec.Sape Kab. Bima telah Berlangsung kegiatan Penyerahan Senjata Api ( Laras Pendek ) Rakitan oleh Masyarakat kepada Tim Opsnal Brimob Sat Brimobda NTB. 

Di pimpin Langsung Oleh Komandan Batalyon C Pelopor SatBrimobda NTB KOMPOL Zulkarnain S.Ik dan di dampingi Wadanki kompi 3 Batalyon C Pelopor IPDA Jasuli Ramadhan S.H hasil giat penggalangan dan pendekatan secara persuasif secara intensif dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman serta kondusif di wilayah Hukum Polres Bima. 

Adapun senjata api rakitan yang di serahkan : 2 (Dua) Pucuk Senpi Rakitan antara lain: 2 (Dua) senpi rakitan laras pendek. 4 ( Empat ) Butir Amunisi kaliber 5.56 mm

Adapun rangkaian kegiatan sbb :

Pada awal nya Tim Opsnal di perintahkan Oleh Dansat Brimob Satbrimobda NTB Kombespol Komaruz Zaman S.Ik MH lewat Kasi Intel Satbrimobda NTB Akp. I. Gb Eka Prasetya SH untuk melakukan penyelidikan terhadap masyarakat yang menyimpan, memiliki, menguasai senjata api rakitan yang sering di gunakan untuk melakukan tindak pidana atau di gunakan untuk perang kampung yang meresahkam masyatakat Kota Dan Kab. Bima.

Dari hasil penyelidikan Tim Opsnal Brimob sat Brimobda NTB yang di Pimpin oleh Bripka Ardi Baron Bayuseno berhasil mengantongi 1 nama yang di rahasiakan. Berhubung yang bersangkutan kooperatif dan mau berkerja sama, Sehingga Tim Opsnal melakukan Pendekatan, penggalangan guna meminta kepada oknum masyarakat tersebut untuk menyerahkan senpi tersebut secara suka rela namun oknum tersebut meminta untuk di rahasiakan identitas nya serta penyerahan senpi tersebut yg di wakili oleh Sekdes desa Parangina Sdr. Arsyad beserta Toga, Toma, dan Toda. 

Pada pukul 10.30 wita kegiatan penyerahan senpi rakitan tersebut di lakukan di tempat yang telah di sepakati tersebut di atas. Setelah di lakukan penyerahan senjata api rakitan tersebut di periksa dan di cek oleh Tim Opsnal Brimob Sat Btimobda NTB masih Aktif. 

Pukul 11.00 WITA seluruh rangkaian kegiatan berakhir, Selanjutnya Tim Menunggu printah Lebih lanjut situasi terpantau aman terkendali. Senjata api rakitan tersebut di serahkan secara sukarela oleh masyarakat berkat kegiatan pendekatan penggalangan secara intensif oleh Tim Opsnal Brimob Sat Brimob terhadap masyarakat.


Senpi tersebut di duga sering digunakan apabila terjadi perang kampung, menurut masyarakat untuk menjaga diri dan desanya apabila desa mereka di serang oleh desa lain untuk mempertahankan diri.

Mengingat sebelum nya pada tanggal 11 Desember 2021 telah terjadi perang kampung antara desa parangina dan desa Rai Oi di mana pada saat kejadian tersebut Warga masyarakat desa parangina menggunakan senpi rakitan dan sempat meledakan dua kali letusan.(Uba S).

Load disqus comments

0 komentar