Tim Penilaian Lomba Kampung Sehat Jilid II Lakukan Penilaian di Desa Jorok Unter Iwes


Sumbawa Besar-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Tim penilai Lomba Kampung Sehat II dan Vaksinasi dari Unram melaksanakan penilaian di Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa pada senin (1/11/21).

Dihadiri Tim Penilai dari Unram, diketuai Joko Jumari SH MH bersama rombongan, Waka Polres Sumbawa Kompol Raples P. Girsang S.IK, Kasi Humas AKP sumardi S.Sos, Kapolsek Sumbawa Iptu Eko Riyono SH,  Danramil Kota Kapten Inf. Abidin, KUPT PKM Unter Iwes H. Syarafuddin S.KM beserta staf, Plh. Kasat Binmas Iptu Muis Tajuddin SH beserta jajaran Binmas, Kades Jorok Rusman Akang beserta staf Pemerintah Desa, Babinsa Sertu Ramli dan Bhabinkamtibmas Bripka Dodi Rawandi. 

Ketua Tim penilai Lomba Kampung SehatJilid II, Joko Jumari SH MH, saat ditemui media ini mengatakan bahwa lenilaian kampung sehat jilid II sedikit berbeda dengan penilaian lomba kampung sehat I. dalam lomba kampung sehat II melibatkan tim vaksinasi. 

menurut Joko, salah satu indikator utama penilaian Kampung Sehat Jikid II yakni Vaksinasi. kenapa vskdinasi menjadi salah satu indikator utama? karena terbukti bahwa vaksin cukup efektif bisa mencegah angka kematian terkait covid.  dengan adanya Lomba Kampung Sehat ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk vaksin.

"alhamdulillah, di tengah minimnya pasokan vaksin, angka partisipasi warga Desa Jorok untuk mengikuti vaksin cukup tinggi yakni 67%. sebab persoalan umum yang dialami kabupaten sumbawa adalah pasokan vaksi yang tidak terlalu tinggi", terang Joko. 

Ia berharap kepada masyarakat,  selain peningkatan vaksinasi juga persoalan disiplin protokol kesehatan yang tetap dijaga. 

"vaksin bukan obat tapi vaksin terbujti dapat mencegah dan mengurangi tingkaf kematian warga terkait pandemi covid", tegas Joko. 

secara terpisah, Kades Jorok Rusman Akang mengucapkan terima kasih dan apresiasin yang tinggi kepada Tim penilai dan rombongan yang telah melakukan penilaian di desa Jorok. sesuai dengan semboyan dalam Misi Pemerintahan Desa, yakni

"Menuju Desa Bersih dan Sehat", artinya Misi ini berkesinambungan tidak sebatas ada lomba semata,  karena prilaku warga sudah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat.

"Penilaian Lomba Kampung Sehat jilid II ini menjadi salah satu semangat dan motivasi pemerintah desa untuk memacuh semangat kerja dalam melayani masyarakat", ujar Kades Roman. 

untuk diketahui, selama masa pandemi covid desa Jorok tetap mempertahankan Zona Hijau dengan tingkat partisipasi vaksinasi warga yang cukup tinggi,  yakni mencapai 67%. 

Adapun Kabupaten/Kota yang sudah dilakukan penilaian oleh Tim, yakni Kabupaten Lobar, KLU,  Loteng, Bima, Kota Bima,  Dompu,  dan Kabupaten Sumbawa yakni Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes dan Desa Sampe Kecamatan Rhee, selanjutnya Tim penilai menuju Kabupaten Sumbawa Barat. (MDG.001).

Load disqus comments

0 komentar