MARINIR LATIHAN PERANG KOTA, WAKASAL TINJAU LANGSUNG


Dispen Kormar(Sidoarjo). Media Dinamika Global. Id. - Sidoarjo telah dikuasai oleh gerakan separatis bersenjata yang melancarkan aksi-aksi teror dan kekerasan terhadap warga, puncaknya melakukan penculikan dan penyanderaan terhadap tokoh-tokoh penting pemerintah guna menekan pemerintah Republik Indonesia untuk mengikuti tuntunan mereka.

Melihat situasi ini Komando atas TNI  memerintahkan Dankormar untuk beraksi.  Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir (YonTaifib 2 Mar) melakukan penyusupan dengan cara infiltrasi dengan senyap ke daerah musuh secara rahasia melalui Media Udara dengan Terjun Tempur (Junpur) di sasaran 1 Universitas NU II Sidoarjo, selanjutnya melumpuhkan instalasi Komunikasi musuh, dan menempatkan 1 Tim Sniper Taifib untuk melumpuhkan penjagaan dan  Sniper musuh di koridor timur, kemudian 1 pelton Lintas Helly melaksanakan Fastrope guna merebut dan menguasai lantai 2 dari pintu timur, dan melaksanakan evakuasi warga sipil/Non-Combatan Evacuation Operations (NEO) dan melaksanakan evakuasi tokoh penting dengan teknik STABO.

Adapun  unsur Peleton Tank bergerak menghancurkan kubu-kubu dan  Senban Musuh, sedangkan Baterai Alteleri Medan(Armed) memberikan bantuan tembakan (Bantem) yaitu Granat Asap (Simulasi menggunakan amunisi hampa) guna memberikan lindung tinjau/tabir manuver pasukan, Setelah itu peleton Tank dan Armed menempati posisi sebagai pangkal tembak.


Prajurit Batalyon Infanteri 1 Marinir menguasai sasaran di dalam Kota dengan Cara sistematis dari gedung ke gedung atau dari blok ke blok (CQB) dengan 1 Kompi Infanteri mekanis merebut dan menguasai lantai dasar dari pintu utara bersamaan 1 Tim Taifib menyusup dari Selatan & melaksanakan Grappling menggunakan Hook Launcher dilanjutkan pembebasan sandera. Tim Zeni melaksanakan Penjinakan Bom pada tawanan yang dipasangi (Improvised Explosive Devise/IED), Tim kesehatan lapangan (Keslap) melaksanakan pertolongan korban tempur dan  Tim POM melaksanakan Prosedur penanganan tawanan.

Peristiwa di atas merupakan skenario Latihan Perang Kota yang dilakukan oleh Pasmar 2  Korps Marinir TNI AL.

Load disqus comments

0 komentar