Jalin Kemitraan" DLHK Provinsi NTB Dengan KTH Mada Kolo Desa Woko Kec. Pajo Kab. Dompu

 

Dompu, Media Dinamika Global.Id. - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau DLHK Provinsi Nusa Tenggara Barat Jalin Kemitraan kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Mada Kolo Desa Woko, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, dalam kerjasama ini, DLHK Provinsi NTB melalui Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan KPH, menyerahkan lahan seluas 260 hektar untuk dikelola.

Perjanjian kerjasama kemitraan ini tertuang dalam naskah kesepakatan kerja sama NNK dibuat pada Senin, 28 Desember Tahun 2020 lalu, dan ditandatangani oleh beberapa pihak antara lain, Kepala DLHK Provinsi NTB, Mukarom, selaku pihak pertama, Ketua Kelompok Tani Hutan Mada Kolo, Irwan, selaku pihak kedua, kemudian Kepala Desa Woko, Mochtar Idrus.

NNK ini juga disaksikan oleh kelompok kerja percepatan perhutanan sosial atau BPS Provinsi NTB, Ariyanto Ardi konservasi sumber daya alam dan ekosistem, Ruslan Kepala Riset Pajo Nasrul Agus, pendamping PS Ihsan dan 2 orang warga setempat yakni Ibrahim dan Abdurrahman.

Kelompok tani hutan akan melakukan penanaman jenis tanaman yang berjangka panjang berupa pohon Balsa, yang menjadi Komoditas utama kemudian diselipkan dengan tanaman holtikultura dengan sistem tumpang sari seperti cabe dan jahe.

Sedangkan tanaman jangka menengah adalah tanaman jenis buah-buahan, di sekitar Desa setempat, dan luas lahan yang dikelola perkepala keluarga masing-masing mendapatkan 50 Are, dan mereka telah melakukan persemaian bibit sebanyak kurang lebih tiga puluh ribu bibit dan sudah berumur 2 minggu.

Rencananya akan mulai ditanam bulan Desember 2021 mendatang pengadaan bibit yang dimaksud murni dari Swadaya KTH, terjemahan dalam penyuluhan pertanian dengan jumlah anggota sebanyak 130 orang.

Sementara itu, Kepala Desa setempat, Mochtar Idrus membenarkan tentang kemitraan kerjasama antara Kelompok Tani Hutan Mada Kolo, dengan DLHK Provinsi NTB, dan pihaknya berterima kasih kepada Ketua Kelompok Tani Hutan Mada Kolo, karena sudah memperjuangkan kemitraan ini.

juga berharap dengan masuknya program ini, warganya tidak merusak lingkungan hutan apalagi satu-satunya desa di Kecamatan bajo Kabupaten Dompu yang masih Asri atau untuk kawasan hutan adalah Desa Woko jangan sampai ada pemisahan satu-satunya Desa di Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu - NTB, Tutup Kepala Desa Woko, Mochtar Idrus. ##( Om Her).

Load disqus comments

0 komentar