RANCANG SISTEM JARINGAN INTRA DAERAH, KOMINFOSTIK LAKUKAN SURVEY LOKASI OPD


Bima NTB.  Media Dinamika Global. Id. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kominfostik saat ini sedang membuat Rancangan Sistem Jaringan Intra Daerah yang akan dibangun pada tahun 2022. Jaringan ini dihajatkan untuk mengintegrasikan seluruh OPD dalam sebuah jaringan intranet sehingga masing-masing OPD dapat saling kirim terima data, tatap muka virtual, maupun untuk lalulintas data absen elektronik yang telah dipasang pada seluruh OPD secara cepat dan tanpa beban biaya.

 “Kegiatan Pembangunan Sistem Jaringan Intra Daerah akan sangat membantu kelancaran proses administrasi birokrasi Pemkab Bima dan ini merupakan salah satu indicator kinerja Bupati Bima” jelas Kepala Dinas Kominfsotik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos.

Untuk mendukung ketepatan anlisis kebutuhan perankat dan tenaga, Tim Teknis Bidang Pengnelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) melakukan survey lokasi OPD yang berlokasi di Kota Bima. 

“Ada 18 Kantor OPD Kabupaten Bima yang masih berada di Kota Bima yang saat ini sedang kami lakukan survey kebutuhan perangkat, bahan dan tenaga kerja” keterangan Drs. Muhammad selaku Kepala Bidang PTIK. 

Koneksitas jaringan yang akan dibangun yakni 10 kantor OPD yang sudah berada di area Pemda Kabupaten Bima, 1 Kantor OPD di area Panda Kabupaten Bima dan 18 Kantor OPD di wilayah Kota Bima. 

Koneksitas jaringan integrasi yang menghubungkan Kantor OPD di area Pemda dengan Kantor OPD di Kota Bima akan terhubung melalui 3 buah tower yang telah dibangun oleh Pemda Bima sebelumnya. 

Tiga tower itu masing-masing berada di area Pemda, Desa Kala Kecamatan Donggo dan tower di area Kantor Diskominfostik Kabupaten Bima.  

“Tiga tower inilah yang akan menjadi penyangga integrase jaringan intra daerah yang akan dibangun” tambah Kasi Infrastruktur TIP, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng selaku Koordinator Lapangan Tim Survey.

Kedepan jaringan intra daerah ini diharapkan akan menjadi backbone transformasi data angtar Kantor OPD di Kabupaten Bima tanpa menggunakan internet, “Manfaat langsung akan terasa ketika jaringan intra daerah ini selelsai dibangun. Kita akan memililki jaringan backbone data antar Kantor OPD tanpa internet” tutup Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos. Sumber: Doskominfotik Kab.Bima

Load disqus comments

0 comments