Kembali Sekdis Perkim Lakukan Silaturahmi Dengan BUMDes Desa Sondo Kec. Monta Kab.Bima


Monta Bima NTB.Media Dinamika Global. Id. Kembali Sekretaris Dinas Perkim Kab.Bima NTB Lakukan Acara silaturrahim dan konsolidasi dengan masyarakat, Pengurus BUMDes Desa Sondo Kec. Monta di Kantor Desa Sondo. Hadir pak Karaeng, Bung Kisman 2000, Bhabinkantibmas Monta Selatan, Pengurus Bumdes Desa Sondo dan Tokoh tokoh Muda Desa Sondo pada Selasa,14/09/2021.

Kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun rasa ukhwaislamiyah yang selama ini sempat terputus, dalam kegiatan ini di hadiri oleh pak Karaeng, Bung Kisman 2000, Bhabinkantibmas Monta Selatan, Pengurus Bumdes Desa Sondo dan Tokoh tokoh Muda Desa Sondo.

Sekdis Perkim Kab.Bima A.Rifai,ST dalam Sambutannya mengatakan bahwa saya dan kita semua akan membangun komitmen bersama yang berkelanjutan untuk membangun Bima Ramah Khususnya di Kec. Monta. Sehinga nantinya kita dapat bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

Semuanya sangat diperlukan Sinergitas,Etos Kerja dan Rekonsiliasi dalam mewujudkan  Pembangunan yang berkelanjutan. Dalam hal membangun dan mengembangkan BUMDes harus tahapan 1. Pembentukan Modal, 2. Penguatan modal dan yang ke-3 Pengembangan Modal.

Sebagai Mantan Kabag APE tentunya sangat memahami secara jelas bagaimana Agar BUMDes ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Misalnya saja Membentuk Modal yang berasal dari Dana Desa, kalau Dulu harus ada Simpan Pinjam dari Anggota itu sendiri,baik modal Pokok maupun Modal Simpanan Wajibnya. Demikian juga terkait dengan Modal yang harus dimiliki oleh Kelompok ini.

Kemudian dari Pembentukan Modal sudah di perkuat, lalu selanjutnya penguatan Modal Usaha sebagai Bagian dari pemeliharaan jangan sampai Uang tersebut di salah gunakan baik oleh Pengurus itu sendiri ataukah Nasabah yang akan meminjam Uangnya. Dan yang terakhir terkait dengan Pengembangan Modal Usaha.

Disini dapat saya jelaskan bahwa dalam rangka Pengembangan Modal Usaha diperlukan adanya kerjasama dengan semua Pihak terutama dari Struktur organisasi juga terhadap Masyarakat lainnya. Sangat diperlukan keterbukaan dan transparansi terhadap Pemasukan dan Pengeluaran,sekecil atau sebesar apapun yang dilakukan tentunya harus dengan terbuka sehingga ke-3 bagian diatas dapat diminimalisir dengan baik dan benar. Pungkasnya 

Sementara dibagian lainnya,Ketua BUMDes Desa setempat pada Awak Media ini mengucapkan terimakasih nya kepada Bapak Sekdis Perkim Kab.Bima Atas kehadiran dan Partisipasi terhadap semua pihak,sudah memberikan Pengarahan,Saran dan Usulan demi terwujudnya Pembangunan yang diharapkan.

Selain itu, kami sangat berharap ada upaya kerjasama kedepan antara satu dengan yang lainnya,terutama bagaiamana agar Usaha dalam bentuk Simpan Pinjam atau sebutan lainnya. Tuturnya. (Gus MDG).

Load disqus comments

0 komentar