PERAN SERTA GENERASI MUDA UNTUK MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN SENI DAN BUDAYA


Simpasai Monta. Media Dinamika Global.Id. seni dan budaya merupakan warisan turun temurun yang semestinya kita jaga dan kita lestarikan, secara umum seni merupakan hasil ciptaan manusia yang memiliki nilai keindahan yang dimana bisa membangkitkan gairah, emosi dan perasaan kepada seseorang untuk melihat dan menikmatinya sedangkan budaya adalah merupakan bentuk kehidupan manusia yang turun temurun dengan cara berkelompok dari generasi ke generasi, namun jika kita melihat kenyataan pada hari ini sangat miris karena menurunya rasa kecintaan, keinginan untuk bagaimana mempertahankan dan memajukan juga melestarikan seni dan budaya sebagai warisan leluhur Bangsa Indonesia.

Lemahnya kesadaran masyarakat untuk mencintai dan melestarikan seni dan budaya yang ada di daerahnya masing-masing dilihat dari cara mereka mengadopsi budaya modern akibatnya mereka kurang mengenal akan budaya yang ada di daerahnya masing-masing, apa lagi untuk menjaga, memelihara dan melestarikannya, banyaknya ragam seni dan budaya yang ada di Indonesia ini, tidak menutup kemungkinan bagi negara negara lain ikut mengakui akan keberagaman seni dan budaya yang ada di Indonesia ini.


Salah seorang pecinta seni tradisional silat gantau yang bernama Caco Mahmud menyampaikan, saya akan terus mempertahankan seni tradisional silat gantau ini, karena ini merupakan wujud dari kecintaan saya terhadap seni tradisional yang tercipta dari para leluhur kita, meski ditengah gaya hidup yang modern seperti ini, ia juga menambahkan, saya sangat prihatin sekali atas kurangnya sentuhan tangan pemerintah terhadap Kelestarian seni dan budaya di negara kita ini, saya juga berharap agar pemerintah tidak menutup mata untuk bagaimana membangun generasi bangsa ini agar dapt melestarikan sekaligus memajukan seni dan budaya di setiap  wilayah mereka masing-masing tambahnya.

Sejatinya kesadaran untuk bagaimana melestarikan seni dan budaya di daerah masing-masing harus dimulai dari generasi ke generasi karena dipundaknya lah ada potensi besar yang dapat memotivasi sekaligus mengedukasi berbagai pihak demi mempertahankan seni dan budaya di Indonesia, generasi muda wajib untuk membangun kesadaran dalam menjaga, memelihara dan melestarikan seni dan budaya di tengah fenomena globalisasi. (MDG. Anwar.005).

Load disqus comments

0 komentar