Mahasiswa KKN-T IPB di Bima Salurkan Bibit Pohon


Kabupaten Bima, Media Dinamaka Global.Id -- Mahasiswa KKN Terpadu Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan ke- LV (55) periode Juni-Agustus tahun 2021 di Kelurahan Penanae, Kecamatan Raba, Kota Bima salurkan bibit pohon pada sejumlah sekolah setempat, Senin (9/8) lalu. Bibit pohon yang disalurkan yakni berupa nangka dan alpukat.

Penyaluran bibit pohon ini merupakan salah satu program Mahasiswa KKN setempat yakni program Desa Asri Berdaya Guna.

Ketua KKN-T IPB University kelompok Bimakota01, Fitrah Saputra menyampaikan program ini dilaksanakan karena memperhatikan kondisi kepanasan global menyebabkan suhu di wilayah ini meningkat disaat musim kemarau.

Selain itu, adanya perubahan kebiasaan dan perilaku masyarakat Kota Bima dalam menerapkan kota hijau “green city”. Yakni menerapkan penanaman dan melaksanakan kebun skala kecil di depan rumah masing-masing.

"Dari dua faktor itu, sehingga kita melaksanakan program ini," ujarnya.

Dalam penyaluran bibit pohon tersebut Mahasiswa KKN langsung didampingi Lurah setempat. Bibit yang disalurkan masing-masing sekolah mendapatkan tiga sampai lima pohon. 

"Ada lima sekolah yang kita salurkan bibit pohon tersebut. Yakni SDN 8 Penanae, SDN 36 Nggarlo, TK Yaa Karim, TK 12 Penanae dan Sekolah Alam Kota Bima," tuturnya.

Dia berharap bibit yang disalurkan ini dapat meningkatkan perubahan kebiasaan masyarakat di sekitar lokasi KKN-T untuk menerapkan kota hijau.

Selain itu, dapat menjaga dan merawat tanaman tersebut dengan baik. Karena untuk menjaga jiwa yang sehat berakar dari lingkungan yang terawat dan asri.

"Bibit yang sudah ditanam ini harus dijaga dan dirawat. Sekaligus dapat meneruskan penghijauan ini demi terciptanya lingkungan yang asri," pintanya. (MDG.**). 

Load disqus comments

0 komentar