Arab Saudi Buka Umrah 10 Agustus 2021, Kemenag Minta Jemaah Indonesia Dapat Kesempatan


Jakarta. Media Dinamika Global. Id. Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Khoirizi mengunjungi kediaman Dubes Saudi Esham Altsaqafi. Dalam pertemuan itu mereka membahas penyelenggaraan umrah 1443 H. Seperti dilansir oleh TVRINews, 

Pada kesempatan itu Khoirizi meminta penjelasan dari Dubes terkait edaran Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengenai rencana pembukaan penyelenggaraan umrah pada 10 Agustus 2021.

"Banyak hal yang berkembang, dan kami meminta informasi resmi dan valid agar isu-isu terkait dengan umrah lebih jelas," kata Khoirizi di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Kepada Dubes, Khoirizi juga menyampaikan harapan agar jemaah Indonesia mendapat kesempatan jika umrah mulai dibuka pada 1 Muharram 1443 H atau 10 Agustus 2021.

"Jumlah antrian jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya cukup banyak dan sudah hampir dua tahun menunggu," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Khoirizi, Dubes Arab Saudi membenarkan adanya edaran dari Kementerian Haji dan Umrah terkait rencana dibukanya umrah. Namun demikian, detail edaran tersebut, termasuk yang berkenaan Indonesia, masih terus dikoordinasikan. 

"Tadi Dubes juga menjelaskan bahwa ketentuan kunjungan ke Arab Saudi yg berlaku saat pandemi ini bersifat umum, untuk penyelenggaraan umrah akan diatur tersendiri," ucap Khoirizi.

Terkait vaksin Sinovac, Khoirizi menyampaikan pandangan Dubes bahwa yang terpenting adalah sudah mendapatkan persetujuan dari WHO. Dubes juga mengatakan bahwa pihaknya sangat memahami psikologi umat Islam, khususnya di Indonesia, serta kerinduan mereka untuk berkunjung ke Haramain dan berziarah ke makam baginda Rasulullah sangat tinggi.

"Oleh karena itu, kita semua berharap pandemi ini segera dapat diatasi dengan baik, sehingga bisa kembali seperti sediakala," tutur Khoirizi menyampaikan harapan Dubes.Editor: Dadan Hardian.Penulis: Ahmad Richad.(Team MDG).

Load disqus comments

0 comments