Pelantikan DPW KMDT Provinsi DKI Sekaligus Dilakukan MoU Dengan MIO INDONESIA


Jakarta. Media Dinamika Global. Id.Acara Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Provinsi DKI Jakarta periode 2021-2026, yang telah dilaksanakan di Hotel Borobudur, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, (1/4/2021), pada hari Kamis kemarin , dibuka secara resmi oleh Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, yang bertindak selaku Ketua Dewan Pembina DPP KMDT.

Selanjutnya dalam prosesi pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Umum KMDT, St. Edison Manurung, SH, MM sekaligus ditandai dengan penyerahan Pataka tersebut, akhirnya secara resmi telah mengukuhkan Dr. Ir. Hasudungan Sihombing, M.Si sebagai Ketua KMDT Wilayah DKI Jakarta bersama jajaran pengurus lainnya untuk masa bakti 2021-2026. 

Hadir dalam acara itu, Ketua Dewan Pakar KMDT Prof.dr. Otto Hasibuan SH, M.Hum, Ketua KMDT Sumatera Utara Enni Martalena Pasaribu, Ketua Persatuan Artis Batak Indonesia Andi Situmorang dan Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie.

Acara juga menjadi spesial dengan kehadiran Wagub DKI Jakarta, Ir. H Ahmad Riza Patria, yang didapuk pada organisasi tersebut sebagai Ketua Dewan Penasehat KMDT Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan acara dengan mengusung thema Provinsi DKI sebagai Corong Wisata Danau Toba tersebut, bertujuan positif. Yakni, menjadikan Kawasan Obyek Wisata Danau Toba, bebas Polusi BBM dan juga Limbah Keramba.

Selain itu, acara tersebut diikuti juga secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan juga Wakil Ketua DPR RI Dr. Azis Syamsudin SH, MH.

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar dari pagi hingga petang itu, telah dilaksanakan juga nota kesepahaman (MoU) antara DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta dengan Organisasi Media Independen Online Indonesia  (MIO-INDONESIA).

Mou tersebut dalam rangka menjalin sinergisitas dua lembaga itu, terkait publikasi guna menghadirkan keberadaan Wisata Danau Toba paradigma baru, yang  bebas polusi BBM dan bebas limbah keramba ikan.

Dalam kata sambutannya Ketua DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta, Dr. Ir. Hasudungan Sihombing menegaskan  bahwa dengan telah terbentuknya Kepengurusan KMDT di Provinsi DKI,  diharapkan nantinya dapat meningkatkan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba yang merupakan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas (New Bali). 

Penetapan 10 destinasi prioritas ini  menurut Dr. Hasudungan  merupakan amanat Presiden, melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal Arahan Presiden Republik Indonesia mengenai Pariwisata dan Arahan Presiden pada Sidang Kabinet Awal Tahun pada tanggal 4 Januari 2016.

Kehadiran KMDT dan  MIO serta bersama  berbagai komponen lembaga masyarakat lainnya, diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat di kawasan Danau Toba dengan Pemerintah, yang akan menata kawasan tersebut manjadi kawasan destinasi dunia.  

Ditempat yang sama usai penandatanganan nota kesepakatan,  Ketua Umum MIO INDONESIA, AYS Prayogie mengatakan bahwa 

Kehadiran DPW KMDT DKI Jakarta menjadi strategis karena berada di wilayah Ibukota Negara, sehingga sangat relevan jika Provinsi DKI dijadikan corong bagi percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba.

"Kerjasama dengan MIO pada bidang publikasi ini, diharapkan nantinya dapat menghadirkan pemberitaan yang baik, yang bisa me-edukasi kepada masyarakat setempat dalam upaya pengembangan kawasan Danau Toba paradigma baru " ujar Prayogie yang saat ini tercatat sebagai Pemimpin Redaksi media online.(RED MDG)

Load disqus comments

0 comments