Kolaborasi Babinkamtibmas Dan Babinsa Melatih Fisik Polmas Desa Anamina


Dompu-Ntb. Media Dinamika Global.id - Untuk mengoptimalisasi tugas dan fungsi dalam menciptakan situasi dan kondisi (cipkon) desa yang aman, damai dan tertib, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa berkolaborasi memberikan latihan fisik untuk para Polisi Masyarakat atau biasa disebut Polmas yang baru dibentuk oleh Pemdes Anamina, Rabu (24/3/2021) sekira pukul 10.00 Wita.

Menurut Bhabinkamtibmas, Bripka Agus Sugianto, Polmas yang sudah dibentuk itu, kemudian dibina, dididik dan dilatih oleh Bhabinkamtibmas bersama Babinsa Desa agar memahami tugas dan fungsi yang akan mereka emban.

"Tidak tanggung-tanggung, pemdes Anamina mengangkat setidaknya 4 (empat) polmas di masing-masing Dusun," ungkap Agus.

Lanjutnya, saat dilatih, mereka, para Polisi Masyarakat itu, diminta untuk mempraktekkan tata cara baris-berbaris, membacakan pancasila, serta menghafalkan 3M dan 3T berkaitan dengan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Bripka Agus Sugianto menuturkan, tugas terpenting bagi seorang Polmas, yakni membantu aparat untuk menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang aman dan tertib. Di samping itu, Polmas juga bertugas sebagai perpanjangan tangan dan mulut aparat itu sendiri.

Agus menambahkan, pada pelaksanaanya nanti, mengingat bulan Juli 2021 mendatang akan berlangsung perhelatan Pilkades Serentak, otomatis fungsi peranan Polmas tentu sangat diharapkan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih perlu diwaspadai dan ditangani.

Oleh karena demikian, pihaknya berharap partisipasi dan kontribusi sungguh dari aparatnya masyarakat itu untuk membantu mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan, menjaga jarak serta mengenakan masker.

Kegiatan latihan untuk para Polmas berjalan lancar, dengan harapan mereka dapat maksimal dalam bekerja dan menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Sumber : Paur Subbag Humas Polres Dompu

Aiptu Hujaifah. (Pimred MDG)

Load disqus comments

0 komentar