Gotong Royong Adalah Merupakan Ciri Khas Smansa Donggo


      Sabtu 1 April, 2023

Donggo NTB. Media Dinamika Global.id.~ Prinsip gotong royong menjadi salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia. Perilaku gotong royong juga dikatakan pada Pancasila sila ke-3. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia,

gotong royong memiliki arti bekerja bersama-sama, tolong-menolong, atau bantu-membantu. Dalam buku Pengantar Ilmu Antropologi (2015) oleh Koentjaraningrat, gotong royong adalah kerja bersama dalam upaya mencukupi kebutuhan dan menghadapi permasalah secara bersama. Gotong royong dilakukan bersama-besama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan secara adil. Semangat Kekeluargaan SMAN 1 Donggo dan Gotong Royong Dalam Berbagai Kehidupan. gotong royong memiliki nilai-nilai luhur, di antaranya :  

Adanya sikap kerja sama yang tinggi Menjunjung tinggi sikap kekeluargaan, 

Sikap hormat menghormati teman kerja Mengutamakan kerja keras Mengutamakan kepentingan bersama Contoh sikap gotong royong Dilansir dari  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, gotong royong merupakan salah satu dari lima nilai karakter utama disamping religius, nasionalis, mandiri, dan integritas. Semangat kekeluargaan dan gotong royong menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. 

Kegiatan ini tidak hanya dilingkungan rumah, melainkan juga dilakukan di sekolah. Gotong royong di sekolah wajib dilakukan agar pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan bisa dinikmati oleh semua warga sekolah.  

Contoh Sikap Tanggung Jawab Siswa Smansa Donggo di Sekolahnya. Beberapa contoh kegiatan gotong royong di sekolah Smansa Donggo, di antaranya :

1. Membersihkan ruang kelas bersama 

2. Membersihkan taman sekolah 

3. Membersihakn tempat ibadah di sekolah 

4. Membersihkan toilet bersama 

5.Mengumpulkan sampah dan membuang nya di tempat sampah 

Merapikan kursi dan meja di dalam kelas membagi jadwal piket secara adil Menentukan ketua kelas Memperindah lingkungan sekolah Membersihkan dan merapikan perpustakaan sekolah Mengerjakan mading sekolah Belajar kelompok bersama teman-teman,(MDG003).

Load disqus comments

0 comments