Aliran Sungai Pedongga Berubah Warna Kekuningan Dan Berbusa Diduga Tercemar Limbah PT. LETAWA


PASANGKAYU. Media Dinamika Global. Id. - PT Letawa yang bergerak dibidang pengelolaan  Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit diduga telah mencemari sungai Pedongga kabupaten pasangkayu provinsi Sulawesi barat (SULBAR) Minggu (05/02/23).

Hal ini diduga dikarenakan sungai yang berbeda di kecamatan pedongga itu telah berubah berwarna kekuningan / berbusa dan berbau.

Namun hal ini tidak ada tindakan keras dari pemerintah melalui dinas lingkungan hidup (DLH).

Dari hasil pemantauan media ini, telah ditemukan di sepanjang parit yang berada di lingkungan PT Letawa hingga ke sungai yang berbeda di kecamatan pedongga itu berubah warna menjadi kekuningan dan berbusa akibat buangan limbah dari perusahaan tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, salah seorang warga yang berada di sekitaran sungai tersebut tak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi  mengatakan, itu adalah akibat dari limbah PT Letawa yang membuang limbahnya ke parit hingga merembes sampai ke sungai itu, sehingga sungai pun berubah berwarna menjadi kekuningan berbusa dan berbau.

“Sebelum pabrik PT Letawa membuang limbah ke sungai, kami warga sekitar sini masih memancing, tapi setelah Seharian ini limbah itu terbuang ke sungai dan banyak ikan yang mati, sehingga kami tidak lagi dapat memancing ikan di sungai ini. - keluhnya.

Hingga berita ini terbit, awak media akan berupaya untuk melakukan konfirmasi terhadap manajemen PT Letawa dan pihak Dari dinas lingkungan hidup (DLH). (Red)

Laporan : Isbariyanto Ishak

Load disqus comments

0 comments