Kadis Perpustakaan, Siap Tingkatkan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Bima.


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan di Kabupaten Bima mendukung dan akan mengambil peran untuk keberlanjutan Transformasi Perpustakaan Berbasis teknologi. Kamis, (29/09/22).

Perpustakaan merupakan sarana belajar sepanjang hayat, maka pihak pengelola perpustakaan harus selalu bertransformasi agar sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. 

Untuk meningkatkan kualitas perpustakaan di Wilayah Kabupaten Bima Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima meningkatkan kegiatan Literasi Anak dan Wisata.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima A. Salam Gani menjelaskan, Literasi Anak sambil berwisata ini, kita kerja sama dengan beberapa Instansi di Kabupaten Bima, seperti Dikpora Kabupaten Kabupaten Bima, Dinas Pariwisata, dan STKIP Taman Siswa, karena kita tidak memiliki fasilitas, kita hanya memiliki sarana, maka kita melakukan mobilisasi dengan menggunakan mobil Sekolah dari STKIP Taman Siswa. Pungkasnya.

Lanjutnya. Sasaran program ini adalah sekolah, jadi Dikpora memiliki kewenangan, jadi ada izin dari Dikpora, kita jemput Siswa dari sekolahnya, lalu kita akan melakukan Literasi dan Wisata di sekitar lingkungan Wisata Panda dan Kalaki untuk tingkat SD SMP dan SMA.

Sekarang kami sedang melakukan uji coba untuk Kecamatan Woha dari siswa tingkat SD SMP dan SMA, dan terakhir kemarin siswa dari SMA Kae, jadi kelompok sekolah yang mengikuti kegiatan Literasi sambil berwisata.

Dengan adanya program perpustakaan seperti ini, sekarang kami sedang merancang MoU dengan beberapa OPD dan perguruan tinggi, sehingga ini bisa berjalan, karena kita melihat Animo masyarakat sekolah itu sangat luar biasa sekali, bahkan beberapa kecamatan lainnya merasa tidak diundang oleh kami, 


Dan ini semua dibuktikan dengan permintaan-permintaan dari Kecamatan lain, dan sempat mengungkapkan, kenapa kami tidak diundang seperti Kecamatan Woha, akan tetapi sebenarnya bukan tidak diundang, akan tetapi ini masih dalam tahap percobaan, namun Animo masyarakat luar biasa.

Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan Indeks Literasi masyarakat Kabupaten Bima, karena memang kita masih rendah tingkat kesadaran membaca dan mengunjungi perpustakaan ini.

Makam kami juga mencoba bekerja sama dengan beberapa sekolah, disamping itu kami juga meminta bantuan kepada lintas sektor misalnya di propinsi, karena mobilisasi kami terbatas hingga kami minta bantuan ke propinsi.

Kami bersyukur saat ini, kami dihibahkan mobil Bis dari Propinsi, meskipun bekas tapi ini merupakan bentuk dan dukungannya terhadap peningkatan Indeks baca masyarakat Kabupaten Bima. Disamping itu juga kami bekerja sama dengan pihak Bank NTB, ini juga mobil lama dan kami modifikasi, dengan anggaran yang dibiayai oleh Bank NTB, sebabnya kami tidak punya dana untuk itu.

Terakhir, kami juga kemarin bekerja sama pihak Bank NTB dan BNI untuk memberikan tabungan bagi para juara iada lomba cerita dan lomba menulis surat kepada Bupati dan hal ini juga kami bekerja sama dengan pihak Kantor Pos. Artinya kami harus pandai merekayasa kegiatan, agar Tampa duit kegiatan tetap bisa berjalan. Tutupnya. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar