Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima gelar Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima gelar Operasi Gabungan TimPORA (Tim Pengawasan Orang Asing). Tak sendiri, Imigrasi Bima gandeng seluruh lurah yang berada di wilayah Kecamatan Raba Kota Bima. Selasa, (30/08/22).

Selain para Lurah, hadir juga Camat Raba, Kesbangpol Kota Bima, Polres Bima Kota, Kodim 1608/Bima, BAIS wilayah NTB serta Korem 162 Wira Bhakti. Operasi gabungan ini adalah tindak lanjut dari giat Rapat Koordinasi TimPORA tingkat Kecamatan yang diselenggarakan pada hari sebelumnya.

Operasi Gabungan TimPORA diawali dengan rapat persiapan bertempat di Aula Kecamatan Raba yang kemudian dilanjutkan dengan mendatangi hotel dan homestay yang berada di wilayah Kecamatan Raba meliputi Tambora homestay, hotel mutmainnah, serta hotel La Ode. 

Kemudian dilanjutkan dengan mendatangi rumah warga yang melakukan perkawinan campur. Warga yang pernah menikah dengan WNA Belgia, warga yang menikah dengan WNA Australia, serta warga yang menikah dengan WNA Belanda. 


Tak hanya mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing, giat Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing ini juga bertujuan untuk memberikan informasi bagi lurah dan camat tentang warganya yang melakukan perkawinan campur dengan WNA, status kewarganegaraan anak, serta jenis-jenis izin tinggal apa saja yang harus diperhatikan apabila ada warganya yang melakukan perkawinan campur.

Camat Raba Kota Bima selaku kepala wilayah di Kecamatan Raba sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain memberikan edukasi tentang izin tinggal apa saja yang sering digunakan orang asing,kegiatan ini juga memberikan kesadaran tentangnya pentingnya pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing kepada para lurah.

sumber : Lalu Rijal Pebriyadi, Kasubsi TI-Inteldakim. (MDG 005).

Load disqus comments

0 komentar