AKIBAT CUACA BURUK KAPAL BERMUATAN KAYU TAK BISA MELAUT


Amu Kananta Soromandi. Media Dinamika Global.Id. Ratusan Kayu yang bersandar pada Bagian tepi Teluk So Amu Lia Desa Kananta Kecamatan Soromandi di temukan oleh Warga Masyarakat sekitarnya. Namun Kayu tersebut setelah di temui Pemilik sengaja di simpan hal ini karena Kapal bermuatan Kalau tersebut tidak bisa Melanjutkan Perjalanan akibat Cuaca Buruk. (29/01). 


Akibatnya dari terlantar nya Kayu tersebut menurut beberapa Masayarakat yang ada di sekitar itu langsung menginformasikan kepada tentang adanya Kayu yang awalnya terdampar di sekitar Tekuk ini. Laporan itu disampaikan kepada Desa, Kiramil, dan Kapolsek Soromandi agar bisa memeriksa apa penyebab dari bersandar nya Kayu yang jumlah nya sangat Fantastis itu. 


Koramil Donggo Kapten Inf Seninot S Jabatan Danramil 1608 - 05/Donggo melalui Babinsa Desa Kananta Serda Usman langsung melakukan Olah TKP pada Hari Jumat Tanggal 29 Januari 2021 pukul 19.30 wita bertempat di So Amu Lia Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten  Bima 


Koramil Donggo melalui Babinsanya mengatakan, memang benar telah bersandar Kapal Tongkang lautan 2301 yang bermuatan Kayu Gelondongan Meranti dan Kayu Gelondongan campuran yang ada sesuai dengan Laporan Masyarakat tadi, tapi saat ini kita sedang berupaya untuk menghadirkan Pemilik Kapal guna melakukan Pemeriksaan terhadap Kelengkapan berkas yang di miliki oleh awak Kapal tersebut. 


Dan pada pukul 10.30 wita tiba di So Amu Lia Desa Kananta Kecamatan Soromandi untuk bersandar di karenakan cuaca buruk sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Gresik Jatim menunggu sampai dengan keadaan cuaca membaik  Babinsa Desa Kananta Serda Usman beserta anggota unit intel kodim 1608/Bima Pelda Kus Mulyadi tiba di tempat kapal bersandar untuk mengecek kelengkapan surat surat. 


Dan setelah agak lama di tunggu akhirnya Kapten kapal dan atau Pemilik Kayu tersebut datang dengan membawa sejumlah Berkas Kelengkapan terhadap Muatan kayu itu. 


Dalam keterangan Pemilik kayu tersebut sesuai dengan Dokumen resminya dengan jumlah kayu sebanyak 755 batang dengan panjang 30 meter dan diameter antara 250 cm dan Kapal penarik Bening jua dengan tujuan Gresik Jawa Timur karena kendala cuaca buruk. 



Adapun identitas Kapten dan ABK Kapal 


1. Kapten kapal 

Nama          Hera doni 

Umur           45 tahun

Agama        kristen

Alamat        Sulawesi Utara 

Beserta 10 orang ABK 


Kronologis kejadian 

1. Pada tanggal 13 januari 2021 pukul 10.30 wita berangkat dari Tamulate Maluku Utara dengan tujuan Gresik Jawa Timur 

Pada tanggal 27 januari 2021 pukul 15.00 wita mereka bersandar di Labuan Bajo NTT


Bersandarnya kapal tongkang bermuatan kayu di So Amu karena menghindar dari cuaca buruk 

Kapal akan melanjutkan perjalanan jika cuaca  sudah baik. (MDG 09).

Load disqus comments

0 comments