Penjaminan Mutu PTMA Berbasis Siklus PPEPP


Surabaya, Media Dinamika Global.Id.__ Sekretaris Asosiasi Penjaminan Mutu PTMA Dr. Junaidin, M.Pd, turut menjadi Narasumber pada agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang  Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di JW Marriot Hotel Surabaya dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya).

Dalam paparannya di depan ratusan peserta Rakernas. Junaidin, menyampaikan Profil APMU-PTMA, Uregensi Lahirnya APMU-PTMA menjadi organisasi tempat belajar bersama, pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan, penyamaan persepsi pemahaman terhadap regulasi-regulasi baru, pertukaran informasi dan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang penjaminan mutu, dengan penjaminan mutu, perguruan tinggi memastikan seluruh kegiatannya institusi berjalan dengan sangat baik dan terus meningkat secara berkesinambungan (continuous improvement) serta membuktikan kepada seluruh stakeholders bahwa institusi bertanggung jawab (accountable) untuk menjamin kualitas mutu seluruh kegiatannya berbasis siklus Penetapan Standar Mutu, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Standar, Pengendalian Standar, dan Peningkatan Standar (PPEPP).

"Berdasarkan Pemetaan Peringkat Akreditasi Institusi terdapat 172 PTMA, 2.150 Program Studi, Jumlah Dosen 18.796, Jumlah Mahasiswa  516.669 yang tersebar diwilayah Indonesia," ucapnya.

Lanjut Junaidin, “Dalam hal peningkatan kinerja APMU-PTMA mendukung penuh arahan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam penguatan organisasi dan tata kelola yang sehat merupakan ciri khas dari PTMA. Sehingga di lingkungan PTMA terjalin kerjasama yang bagus, tidak saling sikut-sikutan antar perguruan tinggi. Fokus pada pengembangan dan kerjasama”, tuturnya.

Sambung Junaidin, sebagai bentuk laporan APMU-PTMA, program kegiatan yang sudah terlaksana 2022-2023.

1. Rakornas "Penguatan APMU dan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu menuju PTMA Unggul”, dilaksanakan pada tanggal, 13 s.d 15 Desember 2022. Oleh Bidang 1. Organisasi dan Perencanaan (kelengkapan dokumen SPMI)

2. Pada tanggal 14 Desember 2023. APMU PTMA telah Melaksanakan MoU dengan 171 PTMA Seluruh Indonesia tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Berbasis PPEPP Oleh Bidang 4 Benchmarking dan Kerjasama.

3. Sertifikasi Auditor Mutu Internal oleh Bidang 1. Pengembangan SDM Penjaminan Mutu (Pelatihan Sertifikasi Auditor, Fasilitator Pendamping Akreditasi).

4. Peluncuran Website oleh Bidang 2. Sistem Informasi (pengembangan Instrumen).

5. Coaching Clinic dan Workshop "Series 01" APMU PTMA tentang LAM PENDIDIKAN oleh Bidang 1 dan Regional Jawa Tengah. Pengembangan SDM Penjamin "Series 02" APMU PTMA tentang LAMEMBA oleh Bidang 1 dan Regional Jawa Timur. Pengembangan SDM Penjaminan Mutu (Pelatihan Sertifikasi Auditor, Fasilitator Pendamping Akreditasi) (65%).

Ditambahkan Junaidin, Dalam waktu dekat APMU-PTMA akan menyelenggarakan Rencana Pelaksanaan ToT Pendamping Akreditasi/SPMI/SPME dan Pelaksanaan Rakornas II bertempat di Regional Bali, NTB, NTT, Panitia Pelaksana oleh UMMAT di Lombok NTB Bulan Oktober 2023," pungkasnya. 

(Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments