Potensi Zakat di Kota Tangerang Capai Rp 72 Miliar Per Tahun


Jakarta - Media Dinamika Global.Id.- Di hari Momen Hari Idul Fitri 1444 Hijriyah, Wali Kota Tangerang Arief. R. Wismansyah mengungkapkan, bila potensi zakat di wilayahnya bisa mencapai Rp 72 miliar per tahun. Hal tersebut bukti nyata gotong royong untuk membantu kaum tak mampu.

“Dengan potensi zakat sebesar Rp72 miliar pertahun, insya Allah dapat meningkatkat optimalisasi zakat untuk kepentingan umat. Mulai dari pemberian beasiswa hingga bantuan modal usaha,” jelas Arief, Sabtu (22/4/2023).

Arief juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas segala upaya kerja sama dan gotong royong yang dirajut oleh seluruh masyarakat dalam membangun kepeduliannya kepada sesama khususnya selama bulan Ramadhan. 

“Alhamdulillah, berkat partisipasi dan semangat gotong royong seluruh masyarakat, kita semua dapat berbagi kebahagiaan kepada sesama kita yang menbutuhkan,” ungkapnya.

Arief berharap, momen lebaran kali ini bisa menjadi refleksi diri untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan menjadi momen berkumpul bersama keluarga tercinta. 

Sementara, momen shalat Idul Fitri tersebut turut dirayakan oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, mulai dari Wali Kota, Wakil Wali kota, Sekretaris Daerah Kota Tangerang beserta keluarga, serta sejumlah kepala OPD. 

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono beserta keluarga, juga turut melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang. 

“Selamat merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Arief.

 Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang menargetkan pengumpulan zakat fitrah Rp 6 miliar, pada Ramadhan 1444 hijriyah/2023. Jumlah zakat fitrah tersebut lebih besar dua kali lipat daripada Ramadhan tahun lalu.

"Target Zakat fitrah Baznas tahun ini Rp 6 miliar. Ini datanya masih saya rekap, tapi masih jauh banget, satu miliar juga belum dapat," ujar Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Umum Baznas Kota Tangerang, Zaka Firmansyah.

Meski begitu, pihaknya masih tetap optimistis target bakal tercapai. Pasalnya, Baznas Kota Tangerang telah memberi ragam fasilitas kepada masyarakat dalam pembayaran Zakat Fitrah, dan bisa juga pelayanan digital zakat lewat aplikasi Baznas.

"Kami juga membuka gerai-gerai pembayaran zakat di Kantor Kecamatan Ciledug dan Cipondoh, Samsat Ciledug dan Cikokol, Kantor Layanan Disdukcapil, Indogrosir Cikokol, Mall Pelayanan Publik, Kantor Imigrasi, MUI, dan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang," katanya

Selanjutnya, mulai Senin, 10 April 2023, Baznas akan membuka pelayanan pembayaran dan penerimaan zakat fitrah di setiap kelurahan di Kota Tangerang.

Terkait sistemnya, Badan Zakat Nasional Kota Tangerang berkoordinasi dengan Rukun Tetangga (RT) untuk mengumpulkan minimal lima puluh warganya sebagai pembayar zakat, muzakki.(Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments