Heboh Sholat Ied di Ponpes Indramayu Campur Pria Dan Wanita Satu Saf


Indramayu, Media Dinamika Global.id. - Sebuah foto prosesi Sholat Ied di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu, viral di media sosial. Terlihat ada seorang wanita yang satu saf dengan jema'ah pria di barisan depan.

Dilansir Senin (24/4/2023), di foto lainnya, jemaah perempuan itu masih duduk di barisan depan untuk mendengarkan khutbah. Dokumentasi itu diperkuat dengan video yang diunggah di akun YouTube Al-Zaytun Official dengan judul (AL-ZAYTUN) Khutbah Ied Al~ Fithri 1444 H.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu, KH Satori, mengatur tak tahu tata cara ibadah yang dilakukan Ponpes Al-Zaytun, termasuk melaksanakan Salat Ied yang menuai kontroversi itu. Satori menyebut, perempuan seharusnya berada di barisan belakang laki-laki.

"Ya saya tidak tahu praktik. Ada perempuan di depan gitu ya secara hukum tidak haram dan tidak membatalkan tapi tata caranya tidak sesuai dengan tata cara anjuran Rasul tentang saf salat jadi perempuan kan di belakang tidak di depan," kata Ketua MUI Indramayu, KH Satori dilansir Minggu (23/4/2023).

Satori menyebut Ponpes Al-Zaytun dikenal tertutup. Sampai saat ini, tambah Satori, tidak ada transparansi yang diterima oleh MUI.

"Memang Al-Zaytun itu kan pesantren di Indramayu, eksklusif kita tidak bisa intervensi apa-apa dan kalaupun kita tidak suka juga susah, levelnya nasional pun kadang tidak ditanggapin gitu," kata Satori.

Load disqus comments

0 comments