Mahasiswa Unram Laksanakan Kegiatan Mengajar di TK NW Tegar Kelana


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
Mahasiswa KKN Tematik Desa Suranadi (Desa Preneur) Universitas Mataram 2023 melakukan kegiatan mengajar di TK NW Tegar Kelana Desa Suranadi.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan yaitu mengkolase gambar sekolah menggunakan potongan daun manggis, potongan kardus, dan biji jagung pada hari Rabu, 18 Januari 2023, bermain permainan tradisional dan mengadakan cooking class membuat kotak pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Ketua kelompok KKN  Dedek Abrian Sukmana menjelang, Tujuan dari kegiatan bermain permainan tradisional bagi anak PAUD yaitu melatih anak untuk bekerjasama dengan teman bermainnya karena, ketika mereka bermain akan menyeimbangkan gerakan kaki antar kelompok.

"Selain itu juga berujuan mengkolase bagi anak PAUD yaitu untuk meningkatkan atau menstimulasi motorik halus anak usia dini dan melatih ketekunan serta dapat meningkatkan kepercayaan diri anak karena anak bebas mengeksplor keterampilan yang dimilikinya kegiatan ini juga tidak monoton dalam pembelajaran. serta tujuan kegiatan cooking class membuat kolak bagi anak PAUD yaitu dapat meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung." Ucapnya.

Lanjutnya, Melalui kegiatan ini dapat mengenalkan bahan makanan, cara mengolah makanan, perpaduan warna, juga dapat melatih keterampilan motorik halus anak, melalui gerakan memotong dan memasukkan bahan-bahan kedalam wadah. Kegiatan mengajar di TK NW Tegar Kelana dilaksanakan dalam 2 hari yakni pada hari Rabu, 18 Januari 2023 dan hari Sabtu, 21 Januari 2023. Dalam kesempatan ini kelompok kkn membantu anak-anak usia dini dalam menistimulasi motoric halus dan kasar dengan melakukan kegiatan kolase gambar sekolah menggunakan media potongan kardus, biji jagung, dan potongan daun manggis.

"Tidak hanya itu, kami juga mengadakan kegiatan cooking class dengan membuat makanan khas Indonesia yakni kolak. Anak-anak diarahkan berpartisipasi langsung dalam pembuatan kolak seperti memasukkan bahan, memotong bahan, hingga mengaduk agar anak-anak dapat mengembangkan motoric halusnya," ungkapannya.

Seiring berkembangnya zaman, metode bermain pada dunia anak-anak mengalami kemajuan yang sangat pesat, maka dari itu, kami kelompok kkn desa suranadi berinisiatif untuk mengenalkan permainan tradisional bakiak kepada anak-anak."Perminan tradisional Bakiak kami hadirkan untuk menistimulasi kecerdasan kinestetik karena dalam permainan ini anak menggabungkan kemampuan antara fisik dan pikiran sehingga menghasilkan Gerakan yang sempurna." Tutupnya.

Load disqus comments

0 comments