Doktor Ihlas S.pdI, M.pd. SH. Penyelarasan Visi, Misi, Pembelajaran Mendalam SDN 55 Kota Bima - Media Dinamika Global

Selasa, 18 November 2025

Doktor Ihlas S.pdI, M.pd. SH. Penyelarasan Visi, Misi, Pembelajaran Mendalam SDN 55 Kota Bima


Kota Bima, Media Dinamika Global.id.---Pendidikan berkualitas adalah fondasi bagi masa depan yang cerah. Untuk mencapai hal tersebut, satuan pendidikan perlu terus berinovasi dan mengadaptasi pendekatan pembelajaran yang relevan. Salah satu konsep krusial yang semakin mendapatkan perhatian adalah "Pembelajaran Mendalam" (Deep Learning). Namun, efektivitas Pembelajaran Mendalam tidak hanya bergantung pada implementasinya di kelas SDN 55 kota bima, melainkan juga pada sejauh mana visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan selaras dengannya.

Penyelarasan ini bukan sekadar formalitas, melainkan sebuah strategi fundamental untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang kohesif dan berorientasi pada hasil. Ketika seluruh elemen satuan pendidikan bergerak dalam satu arah yang sama, potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan SDN 55 kota bima secara signifikan akan terbuka lebar.

Untuk memahami di mana posisi satuan pendidikan Anda dalam perjalanan penyelarasan ini, mari kita cermati empat tingkat perkembangan:

1. Terbatas: Pada tahap ini, belum ada strategi, tujuan, atau dukungan implementasi yang jelas untuk Pembelajaran Mendalam. Keputusan seringkali masih didasarkan pada kebiasaan lama, tanpa mempertimbangkan potensi transformasi yang ditawarkan oleh pendekatan ini.

2. Mulai Berkembang: Satuan pendidikan mulai merumuskan strategi dan tujuan Pembelajaran Mendalam secara formal. Ini adalah langkah awal yang baik, namun konsistensi dalam penerapannya mungkin masih menjadi tantangan. Inisiatif mungkin muncul di beberapa area, tetapi belum merata di seluruh institusi.

3. Mulai Berprogres: Strategi Pembelajaran Mendalam sudah tertulis dengan jelas dan dipahami bersama oleh sebagian besar warga satuan pendidikan. Keputusan-keputusan penting mulai selaras dengan prinsip-prinsip Pembelajaran Mendalam, menunjukkan komitmen yang lebih kuat terhadap perubahan.

 4. Mapan dan Terimplementasi: Ini adalah tingkat ideal di mana strategi Pembelajaran Mendalam telah ringkas, jelas, dan menjadi milik bersama seluruh warga satuan pendidikan. Pembelajaran Mendalam bukan lagi sekadar inisiatif, melainkan telah menjadi dasar dan panduan utama dalam setiap pengambilan keputusan, dari kurikulum hingga pengembangan profesional guru.

Visi Satuan Pendidikan: Kompas Masa Depan Mulai dari kepala sekolah sampai Guru Guru Pengajar SDN 55 kota bima.

Visi adalah gambaran ideal masa depan satuan pendidikan. Ia mencerminkan cita-cita bersama seluruh warga satuan pendidikan tentang seperti apa pendidikan berkualitas yang ingin mereka capai. 

Dalam konteks Pembelajaran Mendalam, visi harus secara eksplisit atau implisit mencerminkan nilai-nilai dan prinsip yang ingin dicapai SDN 55 kota bima, seperti pengembangan pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks. Visi yang kuat akan menjadi kompas yang memandu setiap langkah, Misi Satuan Pendidikan: Jalan menuju visi.(Sekjend MDG)

Comments


EmoticonEmoticon