SMKN 2 Kota Bima Melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Sebagai Pengganti Masa Orientasi Siswa (MOS) Kepada Siswa Barunya


Kota Bima, Media Dinamika Global.id.~ Sebelum memulai pembelajaran tahun ajaran baru 2022/2023, siswa perlu mengetahui perbedaan MOS dan MPLS. Pasalnya, salah satu perbedaan MOS dan MPLS adalah legalitas.

Penjelasan mengenai perbedaan MOS dan MPLS yang harus siswa baru ketahui sebenarnya terdapat dalam Permendikbud. Adanya MPLS sebagai pengganti MOS tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016.

Pelaksanaan MPLS paling lama adalah 3 hari pada minggu pertama Tahun Ajaran Baru. Laman  menjelaskan beberapa poin perbedaan MOS dan MPLS. Dari tanggal 13-15- 2023 berjalan aman dan lancar dipantau langsung media dinamika global.

Penyelenggaraan MOS oleh Siswa Senior/Alumni, sedangkan MPLS oleh guru SMKN 2 Kota bima. Atribut MOS sesuai kehendak penyelenggara dan terkadang nyeleneh/tidak masuk akal, sedangkan MPLS menggunakan atribut/seragam resmi sekolah.

Tempat Kegiatan MOS bisa di sekolah atau pun di luar sekolah, sementara MPLS wajib di dalam lingkungan sekolah. Jenis kegiatan MOS mengarah kepada perpeloncoan / bullying/pelecehan, sedangkan MPLS lebih bersifat edukatif dan informatif.

Pelaksanaan MOS biasanya terdapat pungutan ilegal seperti pelaksana meminta cokelat dsb, sementara MPLS dilarang melakukan pungutan dalam bentuk apa pun.

Sementara itu melansir dari laman smkndua.sch.id, tujuan MPLS yakni memberi informasi tentang lingkungan sekolah dengan nilai positif dan menyenangkan kepada peserta didik (serdik) baru.

Tak hanya itu, ada beberapa tujuan lain diadakannya MPLS bagi siswa baru tahun ajaran baru 2022/2023, yaitu:

1. Membantu siswa baru mengenal lebih dekat dengan lingkungan sekolah SMK 2 KOTA BIMA

2. Mendorong  siswa baru bersikap pro aktif dalam mengenali guru, karyawan, dan pengurus

3. Membantu  siswa baru untuk beradaptasi dan menyatu dengan warga dan lingkungan sekolah SMKN 2 Kota Bima

4. Membantu  siswa baru agar mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah

5. Membantu  siswa baru agar bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah

Memahami lingkungan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, sehingga fungsi warga sekolah dapat mendukung terwujudnya tujuan pendidikan secara komprehensif

Memotivasi  siswa baru agar bangga terhadap sekolah


Itulah lima perbedaan MOS dan MPLS yang bertujuan memutus budaya perpeloncoan, kekerasan, pelecehan, dan senioritas di sekolah. Namun, di tengah kondisi tahun ajaran baru ini, kegiatan MPLS dilakukan secara daring maupun luring tanpa tatap muka. (SekjenMDG).

Load disqus comments

0 comments