Sidang Mendadak Mobil Presiden Jokowi Tersangkut Di Jalan Rusak


Tangggamus. Media Dinamika Global.Id. - Presiden RI Jokowidodo terjun langsung ke Lampung guna melakukan pengecekan terkait kondisi jalan wilayah Lampung yang rusak parah.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung, Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya kepada awak media usai Tinjau sejumlah jalan yang rusak di wilayah Provinsi Lampung pada Jumat 5 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut presiden Jokowi mengungkapkan, kita akan secepatnya memperbaiki jalan jalan yang baru saja kita lihat, baik jalan kabupaten, maupun jalan provinsi, juga jalan kota yang rusak parah," ungkap Presiden saat tinjau di Jalan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Presiden, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing, antara lain pemerintah pusat untuk jalan nasional, dan gubernur untuk jalan provinsi, sedangkan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota. Namun Kendati demikian, Presiden menjelaskan bahwa Pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan di Provinsi Lampung, ungkapnya.

Tetapi karena ini memang sudah lumayan lama, jadi untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut akan diambil alih oleh pemerintah pusat, imbuhnya.

Presiden Jokowi juga menuturkan bahwa pada tahun ini pemerintah pusat akan secara khusus mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih Rp800 miliar untuk Provinsi Lampung. Dan Biaya tersebut akan mencakup perbaikan 15 ruas jalan yang akan dimulai tahap pembangunannya pada bulan Juni setelah proses lelang dilakukan, tuturnya.

Dan begitu tadi saya lihat, saya sudah perintahkan Menteri PU untuk proses lelang, namun disini saya jelaskan bahwa ada beberapa ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pak Gubernur, juga tanggung jawab Bupati yang ada di sini. Jadi tidak semuanya ditanggung oleh pemerintah pusat," jelasnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa hal serupa terjadi di beberapa provinsi lain, yang  membutuhkan bantuan dari  pemerintah pusat, Menurutnya,, memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan infrastruktur jalan yang baik adalah bagian dari tugas pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Karena itu menyangkut mobilitas barang dan mobilitas orang, dan menyangkut juga biaya logistik.

Karena ongkos logistik akan melonjak tinggi dikarenakan jalannya yang rusak, dan produk itu tidak bisa bersaing," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau langsung kesejumlah jalan rusak di Provinsi Lampung, dengan menggunakan kendaraan kepresidenan, dan Ruas jalan yang pertama ditinjau Presiden adalah Jalan Terusan Ryacudu di Kabupaten Lampung Selatan. Setelah itu Presiden juga meninjau Jalan Seputih Raman, Jalan Seputih Banyak, hingga Jalan Simpang Randu.

Rute yang ditinjau Presiden pada hari ini merupakan rute yang berbeda dari yang sudah diagendakan sebelumnya, Bahkan sejumlah wartawan harus berpindah dari rute pertama menuju rute terbaru.


Dalam peninjauan tersebut presiden Jokowi yang di dampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. (Ade/ynt)

Load disqus comments

0 comments