Desa Semoyang Manfaatkan Pohon Tembakau untuk Hasilkan Berbagai Macam Produk Turunan


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__ Rabu 3 Mei 2023  Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti SE.,ME didampingi Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Lalu Lutfi ST. M. Si, Pejabat Fungsional Pembina industri Retno Bintoro Wati, S.Pd., Aris Priyadi S. Adm. melakukan kunjungan dan Monev ke Desa Semoyang Lombok Tengah sebagai Desa industri  yang digagas oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB. 

Kedatangan Rombongan Dinas Perindustrian Provinsi NTB ini disambut baik oleh Kepala Desa Semoyang Zulkarnaen S. Pd M.pd yang bertempat langsung di rumah produksi IKM Pemban Aji Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah. Dalam kegiatan tersebut IKM Pemban Aji sedang melakukan aktifitas seperti biasanya yaitu, produksi produk rokok lokal sebagai produk unggulan IKM tersebut. IKM Pemban Aji memiliki 12 Tenaga kerja dan kedepannya akan menyerap lebih banyak tenaga kerja dari dusun-dusun yang ada di Desa Semoyang.

Kadis Perindustrian Provinsi NTB mengatakan bahwa hasil panen tembakau di Desa Semoyang ini pemanfaatan tanaman tembakaunya sudah cukup bagus, daunnya sebagai bahan baku rokok, briket dari batang tembakau sebagai bahan bakar yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif dan asap cair hasil dari pembakaran dari pembuatan briket itu tersendiri. Namun seiring perkembangan teknologi, Harapannya Desa Semoyang harus tetap belajar untuk dapat menghasilkan berbagai macam produk turunan melalui proses ekstraksi.

"Tanaman tembakau dapat diolah dan menghasilkan berbagai macam produk turunan selain rokok, briket, dan asap cair," ujarnya.

Nuryanti juga menyampaikan banyak hal tentang industri dari IKM Pemban Aji yang menjadi pilot project dari Desa Industri NTB yang digagas oleh Dinas Perindustrian tersendiri seperti produk unggulan IKM Pemban Aji yakni cara agar membuat produk Industri rokok dari tembakau dengan kadar nikotin yang rendah.

Ditambahkan oleh Kades Semoyang, peminat tembakau rajang dan sigaret kretek tangan dari desa Semoyang itu tersendiri sudah lumayan banyak, dengan banyaknya petani tembakau yang ada tentu inisiatif Dinas Perindustrian untuk menjadikan Semoyang sebagai desa Industri khususnya untuk tembakau disebut baik oleh masyarakat, lebih-lebih yang tergabung dalam IKM Pemban Aji tersendiri adalah para petani tembakau itu sendiri.  Zulkarnaen melanjutkan, dengan adanya kegiatan Industri seperti ini, masyarakat juga tidak susah menjual hasil sawah rumahnya (tembakau) yang dihasilkan di bumi Semoyang. 

Semoyang memang menjadi fokus Desa Binaan Dinas Perindustrian sejak tahun 2022,dengan besarnya penduduk yang menjadi petani tembakau, didukung dengan letak geografis dan tekstur tanah yang baik untuk taman tembakau menjadi alasan tersendiri Semoyang sebagai Desa yang menghasilkan produk rokok lokal. (Surya Gempar).

Load disqus comments

0 comments