Tim Hisab Kemenag Prediksi 1 Syawal 1444 H Jatuh 22 April 2023


 Jakarta - Media Di amika Global.Id.-Kementerian Agama memprediksi 1 Syawal 1444 Hijriah akan jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Hal itu berdasarkan posisi hilal awal bulan Syawal 1444 Hijriah yang sudah terlihat.

"Kalau kita bicara scientific karena kita harus nunggu sidang isbat, kepastiannya ada di sidang isbat kalau saya ga boleh memastikan lebaran hari Sabtu tetapi kalau bicara scientific alasan ilmiah prediksinya hari Sabtu," kata anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Ing Khafid di Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, (20/4).

Meski demikian, Khafid menerangkan, prediksi itu belum memenuhi syarat penetapan 1 Syawal atau Mabims, yaitu tinggi bulan 3 derajat dan elongasi bulan minimal 6,4 derajat.

"Fokus ke wilyah NKRI dari Merauke atau Jayapura di Timur sampai Sabang bahkan tiitk nol di Indonesia Sabang sana itu belum ada yang memenuhi kriteria," terangnya 

Khafid menjelaskan, dalam ketinggian bulan di Aceh adalah 2,25 derajat dan di Indonesia bagian timur 0,75 derajat. Sehingga, belum ada daerah yang memenuhi kriteria Mabims.

Nantinya, secara resmi Kementerian Agama akan mengumumkan hasil penentuan 1 Syawal 1444 H pada pukul 19.00 WIB usai sidang isbat selesai.(Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments