Jokowi Imbau Perpanjang Cuti, Kapolri: Kendaraan Turun 13 Persen saat Puncak Arus Balik


Jakarta - Media Dinamika Globql.Id.- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, pegawai BUMN, hingga swasta untuk memperpanjang cuti atau bekerja dari rumah (work from home), ampuh mengurai volume kendaraan saat puncak arus balik Lebaran 2023.

"Karena ada kebijakan yang diumumkan pemerintah. Terjadi penurunan kurang lebih 13 persen. Tentunya ini akan kita tunggu sampai H+6 (Lebaran) apakah penurunan 13 persen ini tetap berlaku," kata Kapolri usai memantau arus balik Lebaran 2023, Selasa (25/4/2023).

Sebab dari awal Polri telah memprediksi akan ada mobilitas sebanyak 203 ribu kendaraan yang terjadi saat puncak arus balik hari ini. Hal itu berpotensi membuat kepadatan dan kemacetan karena beban volume kendaraan yang besar.

"Artinya kalau penurunan ini tetap bertahan kita sudah bisa menurunkan prediksi puncak arus balik yang 203 ribu tadi, karena bisa turun di 13 persen. Tentunya masih ada sisa waktu yang bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya.

"Sehingga puncak arus balik yang diperkirakan 203 ribu tersebut betul-betul bisa terdistribusi dalam beberapa hari ini," tambah dia.

Walaupun begitu, Sigit memerintahkan jajarannya supaya tetap bersiaga hingga akhir pekan ini. Tujuannya, demi memastikan kegiatan arus balik Lebaran 2023 dapat terlaksana dengan aman, lancar, dan nyaman.

"Sehingga kemudian distribusi dari puncak arus balik ini semuanya tetap terlayani dengan baik, dan masyarakat betul-betul bisa terlayani dengan memanfaatkan distribusi dari waktu-waktu yang ada hingga Minggu nanti," tandasnya.(MDG 05).

Load disqus comments

0 comments