Gema Takbir Idul Fitri 1444H, Lapas Pekanbaru Gelar Sholat IED Berjemaah Sekaligus Pemberian Remisi Khusus Kepada WBP


PEKANBARU - Media Dinamika Global.Id.- Gema takbir terus berkumandang di setiap sudut Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru sejak subuh hari, sebagai pertanda telah tiba hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Lapas Kelas IIA Pekanbaru melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah dan pemberian Remisi Khusus (RK) yang bertempat di Lapangan olahraga Lapas Pekanbaru, Sabtu (22/04/2023).

Sholat Idul Fitri diikuti langsung oleh Kepala Lapas Pekanbaru, Sapto Winarno, Pejabat Struktural, petugas dan pegawai administrasi kantor serta ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pekanbaru. Baik petugas maupun warga binaan melaksanakan Sholat dengan khusuk, setelah pelaksanaan Sholat Ied, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian Remisi Khusus kepada warga binaan Lapas Pekanbaru.

Remisi Khusus adalah remisi yang diberikan kepada narapidana dikarenakan adanya hari besar keagamaan yang dianut oleh narapidana atau anak yang berkonflik dengan hukum tersebut. Remisi menyangkut hari besar keagamaan hanya diberikan satu kali dalam setahun bagi setiap agama.

Selanjutnya, Kalapas Pekanbaru memberikan remisi secara simbolis kepada 3 orang perwakilan dari warga binaan Lapas Pekanbaru. Setelah penyerahan SK Remisi Khusus, Kalapas Pekanbaru menyampaikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM.

“Pemberian remisi merupakan wujud dari sikap negara sebagai reward kepada warga binaan yang selalu senantiasa berbuat baik, memperbaiki diri dan dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna, saya harap remisi yang diberi saat ini dapat memotivasi untuk terus melakukan perbaikan diri dan menghindari perbuatan yang melanggar hukum,” ucap Kalapas dalam menyampaikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI.

“Sebanyak 1041 orang warga binaan memperoleh Remisi Khusus (RK) pada hari raya Idul Fitri kali ini, diantaranya 1038 orang warga binaan mendapatkan RK I dan 3 orang mendapatkan RK II. Mari di Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H agar dapat kita jadikan momentum untuk memperbaiki diri, mari kita tingkatkan ketaqwaan kita, meningkatkan keimanan kita untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, saya atas nama pimpinan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H mohon maaf lahir dan batin,” tutup Kalapas dalam sambutannya.

Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Halal bi Halal dan saling bersalaman antara Kepala Lapas dan jajaran bersama seluruh warga binaan Lapas Pekanbaru.

(Sabang Tanjung/Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments