Diguyur Hujan Deras, Kota Bima Dan Kabupaten Bima Kembali Dilanda Banjir


Kota Bima.  Media Dinamika Global.id. –   Selasa, 04 April 2023 Inilah kondisi Banjir, Kabupaten bima, kota bima, yang tak jauh dengan bantaran sungai, saat dilanda bencana banjir sore hari tadi, Selasa (4/4/2023)

Musibah bencana banjir kembali melanda Kabupaten/ kota bima Senin (4/4/2023). Banjir yang berasal dari intensitas hujan yang sangat deras dan luapan air sungai di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten bima/ kota bima mengakibatkan rumah – rumah warga yang berlokasi di bantaran sungai ini terendam banjir.

 Pasar Amahami Dan Kelurahan Dara Tergenang Banjir kota bima Berdasarkan informasi dihimpun media ini, intensitas hujan sangat deras mengguyur wilayah Kabupaten/ kota bima sejak siang tadi. Bahkan sampai pada malam hari ini, pun intensitas curah hujan masih turun.

 “Akibat curah hujan yang deras mengakibatkan air yang mengalir di beberapa lokasi sungai meluap keluar, sehingga sejak sore hari tadi banjir menggenangi rumah-rumah warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai,” ungkap Adi MDG, warga Kabupaten bima/ kota bima

Kondisi ini, membuat warga di sejumlah wilayah Kabupaten bima dan kota bima, panik dan langsung menyelematkan sejumlah harta bendanya. “Ketinggian banjir khususnya di lokasi bantaran sungai sangat besar. Bahkan rumah rumah warga terendam banjir,” bebernya.

Katanya, rumah-rumah warga yang berlokasi di dekat bantaran sungai kerap kali menjadi langganan banjir ketika musim hujan. Kondisi ini, selain disebabkan lokasi sungai yang tidak mampu menampung air yang mengalir, juga disebabkan akibat gundulnya hutan di wilayah Kabupaten bima dan kota bima.

“Gunung-gunung (hutan) di Kabupaten Bima Dan Kota Bima, sudah berubah fungsi menjadi lahan pertanian yang ditanami jagung, sehingga air hujan yang turun dari gunung tidak ada yang menahan karena pohon pohon besar sudah dibabat habis.

 Akibatnya air hujan dari gunung langsung turun di lokasi sungai dan airnya meluap keluar dan merendam rumah rumah warga,” jelasnya.

Lanjut Adi MDG, bencana banjir di wilayah Kabupaten bima/ kota bima sulit dicegah karena kondisi hutan sudah gundul. Ditambah lagi, kondisi alir sungai yang dangkal dan sempit, sehingga mengakibat-kan air sungai meluap keluar dan meren-dam rumah-rumah warga khususnya yang berlokasi di dekat bantaran sungai. 

“Inilah alasan kenapa kota/ kabupaten bima kerap kali menjadi langganan banjir,” terangnya.

Tambah Adi MDG. jika intensitas hujan terus turun dan mengguyur wilayah Kabupaten / kota bima, tentu banjir akan semakin besar. “Tapi kalau hujannya reda, tentu ketinggian banjir akan menurun,” katanya.

Lantas bagaimana tanggapannya mengenai langkah pemerintah daerah mengatasi masalah bencana banjir selama ini.

Sambung Adi MDG , sesungguhnya pemerintah daerah sudah bekerja luar biasa dalam hal penanganan bencana banjir. Baik itu menyalurkan bantuan yang menjadi kebutuhan warga terdampak banjir, juga melakukan berbagai langkah perluasan aliran sungai, salah satunya memasang bronjong dan lainnya di lokasi sungai.

 “Tapi apa yang dilakukan oleh pemerintah, tidak mungkin mampu mencegah datangnya banjir selama kondisi hutan di daerah ini masih gundul,” katanya lagi.

juga menambahkan, sebagai masyarakat yang terdampak banjir, semua harus legowo dan ikhlas dalam menjalani cobaan dilanda bencana banjir. “Kalau banjir datang kita hanya dapat bergerak untuk menyelemat-kan harta benda dan hanya bisa menunggu ketinggian air banjir turun. 

Kemudian, setelah itu kita masing-masing membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah yang sebelumnya dibawa oleh air banjir. Inilah yang dapat kita lakukan selama ini ketika dilanda bencana banjir,” terangnya lagi.

Sementara itu, sampai berita ini diunggah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima dan BPBD Kota Bima belum berhasil dikonfirmasi mengenai berapa jumlah rumah-rumah warga di wilayah Kabupaten kabupaten Bima Dan kota Bima Begitu juga, mengenai seperti apa langkah Penanganan Pemerintah saat dan setelah Kabupaten / kota bima dilanda bencana banjir. 

Masyarakat kena banjir lari Pontang Panting untuk Melindungi diri. Dapat Informasi  Kembali Dilanda Banjir, Bupati dan Wakil Bupati bima/ walikota bima harus Turun Ke Lokasi masyarakat yang dilanda kebanjiran.

Peduli Banjir Kota Bima dan Peduli Banjir kabupaten bima  Kapolres kota/kapolres kabuapaten bima, tolong Turun Tinjau dan Serahkan Bantuan Untuk Korban kebanjiran, (MDG003).

Load disqus comments

0 comments