BPD Desa Parado rato Menggelar Rapat Pembahasan Rancangan RAPBDES 2023

 

          Susana Rapat BPD Paradorato

Parado, Bima Media Dinamika Global Id. Badan Permusyawaratan Desa(BPD) desa Paradorato menggelar musyawarah bersama dengan Pem Des Paradorato dalam rangka pembahasan Rancangan Anggaran dan Belanja Desa(RAPBDES).

Acara tersebut dilaksanakan di Kantor BPD Desa Paradorato pada Rabu(15/03/23) yang dimulai pukul 12.30 Wita. Rapat tersebut digelar berdasarkan undangan Pimpinan BPD Nomor 005/12/BPD-PR/03/2023, perihal undangan biasa. Acara Musyawarah di pimpin oleh Ketua BPD desa Paradorato, Ruslin Ahmad.

 Dalam sambutannya, Kepala Desa Paradorato M. Saleh SH.menyampaikan ucapan Terima kasih dan rasa hormatnya kepada Ketua dan seluruh Anggota BPD serta undangan lainnya.

 "Saya tidak membahas panjang lebar kaitan dengan rencana Anggaran Pembangunan Desa, karena tadi pagi Lembaga BPD telah melakukan rapat pemasangan internal kaitan dengan rencana tersebut, " ujarnya singkat.

 Selanjutnya pembacaan Rencana Anggaran dan Belanja Desa yang sedikitnya terjadi perubahan dari rancangan awal yang dikirimkan ke BPD.

Dalam  penjelasan rincian Rancangan Anggaran Pembangunan Desa yang dibacakan oleh Sekretaris Desa Paradorato Fri Hary Fathurrahman, secara detail menyampaikan rancangan penggunaan anggaran beserta sumber dananya.

 Diantaranya untuk Pengadaan Mobil pengangkut sampah Rp 225.000 000.-,Selanjutnya untuk 3 jenis Belanja wajib yang bersumber dari DdDS.,Pendanaan Pembangunan Desa dengan sumber dana dari DD. 

Kegiatan operasional pemerintah Desa 3% dibagi dalam 3 kegiatan.
1. Biaya koordinasi pemdes.
Yaitu dukungan penyelenggaraan pangan dan penanggulangan kerawanan sosial.
2.Dukungan kegiatan ceremonial Desa dengan jumlah Rp 30.000 000.-jt( untuk kegiatan perjalanan desa, dan lain lain kegiatan Kepala Desa)

Adapun Rincian pendapatan Desa Adalah Rp. 1.000 4.306.000,-(Satu miliyard empat juta tiga ratusan enam ribu rupiah) bantuan pusat. Dana Hibah Daetah atau ADD Hibah Daerah Rp. 537.328.858.-

Dari bagi hasil retribusi daerah Rp.  32.741.983,-Sehingga Total pendapatan Desa Desa Paradorato sebesar Rp. 1.580.376.841.-(Satu Miliyard Lima ratusan Delapan puluh juta Tiga ratus tujuh puluh enam juta Delalan ratus Empat puluh satu rupiah). (Nas). 

Load disqus comments

0 comments