PERINGATI HARI GIZI KE-62 WABUP TEKANKAN PENTINGNYA GIZI BERIMBANG UNTUK CEGAH STUNTING DAN OBESITAS


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id. -Hidup sehat degan asupan gizi yang cukup dan seimbang menjadi modal utama untuk menjalankan aktivitas keseharian dengan mudah dan lancar. Hal itu juga menjadi modal awal dalam mendukung berbagai program pembangunan dan akan melahirkan manusia unggul, kreatif, inovatif, sehat, cerdas dan mampu memberikan kiprah yang baik bagi pembangunan kedepannya.

Selanjutnya pola hidup sehat disertai dengan asupan gizi yang seimbang juga menjadi faktor pendukung terwujudnya Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) sebagaimana menjadi Visi Kabupaten Dompu yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Apa yang diuraikan tersebut diatas menjadi hal penting yang disampaikan Wakil Bupati Dompu dalam Acara Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-62 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Dompu, Sabtu (05/02/22) di Lapangan Beringin Dompu.

Hadir dalam kegiatan ini selain Wakil Bupati Dompu, hadir juga Sekda Dompu, Pejabat Struktural maupun fungsional lingkup Pemda Dompu, Ketua dan Pengurus TP. PKK, Ketua dan Pengurus GOW, Ketua dan Pengurus DWP, Ketua dan Pengurus PERSAGI Kabupaten Dompu, Para Sponsor, Anggota Masyarakat dan elemen penting lainnya.

Di momen itu juga Wabup menyampaikan pembangunan fisik untuk kemajuan suatu daerah penting dilakukan akan tetapi kualitas hidup masyarakat terutama dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang adalah hal yang tidak kalah pentingnya.

“Kehidupan yang sehat didambakan oleh semua orang, oleh karena itu Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif dalam penanganan kesehatan masyarakat, karena dengan cara ini akan memberikan dampak yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi”, jelasnya.

Berikutnya Wabup mengungkapkan perbaikan gizi pada masyarakat akan difokuskan pada balita sampai usia remaja. Rentang usia ini menurut Wabup menjadi komponen utama pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing. Kemudian Wabup menyebut permasalahan kesehatan gizi yang tidak diperhatikan secara dini akan mempengaruhi kualitas hidup pada usia produktif dan usia selanjutnya.

“Saat ini Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Dompu pada khususnya dihadapkan pada beban ganda masalah gizi ditandai dengan tingginya pravelensi stunting dan obesitas serta kekurangan gizi mikro karena dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak seimbang dan optimal”, terangnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan Peringatan Hari Gizi dengan mengangkat tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas” dimaksud, Wabup mengajak semua pihak terkait untuk menjadikannya sebagai momentum yang baik dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari seluruh elemen untuk bergerak bersama membangun gizi yang baik dan berimbang menuju bangsa dan daerah yang berprestasi.


Diakhir sambutannya, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung sehingga bisa lancar dan tertib. “Saya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak terutama kepada Pengurus PERSAGI dan para sponsor dengan terselenggaranya kegiatan ini”, ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan yang dirangkaikan dengan kegiatan jalan sehat, senam bersama, pemeriksaan kesehatan, penilaian status gizi, konseling gizi, minum tablet tambah darah bersama, pameran dan bazar panganan lokal tersebut berjalan khidmat yang dilanjutkan dengan pembagian paket gizi kepada warga masyarakat. (Prokopim/Gr.Ondy MDG ). 

Load disqus comments

0 komentar