Persiapan Event MotoGP 2022, Ini Harapan Kadis PUPR NTB


Mataram, Media Dinamika Global.Id – Dengan penuh semangat dan harapan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ir. H. Ridwan Syah, menceritakan pengalamannya selama berada di Abu Dhabi bersama Kepala Dinas Perhubungan.

Untuk Mewakili Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir. H. Ridwan Syah beserta Kepala Dinas Perhubungan ditugaskan mendampingi Dirut ITDC untuk meyakinkan bahwa Nusa Tenggara Barat mampu bersiap diri dalam penyelenggaraan event internasional F-1 Race pada tahun 2024 mendatang.

Ir. H. Ridwan Syah pada kesempatan itu bertemu dengan President and CEO of Formula – 1, Stefano Domenicali dan mendapat apresiasi atas kesuksesan penyelenggaran event internasional WSBK dan IATC yang telah digelar pada beberapa waktu yang lalu.

Disampaikan oleh Ir. H. Ridwan Syah, bahwa dari jumlah penonton, penyelenggaraan event MotoGP akan 10x lipat dari WSBK sedangkan event Formula – 1 20x lipat dari MotoGP.

Untuk itu, persiapan yang matang dan keseriusan semua pihak terkait sangat diutamakan. Beberapa syarat untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah Formula – 1 adalah tersedianya 3000 kamar hotel bintang 5. Saat ini diketahui baru tersedia 800 kamar dan dibutuhkan penambahan beberapa hotel bintang 5 untuk mencukupi standar kebutuhan event F-1.

Menurut Ir. H. Ridwan Syah, pembangunan Hotel merupakan hal yang tidak mudah. Saat ditanya kesiapan NTB dalam penyelenggaraan F-1, Kadis PUPR menjawab kira-kira membutuhkan waktu 2 tahun untuk siap.

Selain itu, kesuksesan Event MotoGP juga menjadi syarat penyelenggaraan Event F-1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, NTB.

Saat ini ada 2 hal menjadi fokus perhatian persiapan penyelenggaraan event MotoGP. Pelebaran jalan Kuta – Kruak dari simpang Songgong menuju Masjid Nurul Bilad direncanakan dijadikan 2 jalur 4 lajur dan penataan taman yang indah. Anggaran dipastikan dari Kementrian sejumlah hampir 500M yang akan dikucurkan pada APBN 2022.

Dua bulan adalah waktu yang tersisa untuk mempersiapkan semuanya. Penunjukan langsung melalui Keputusan Presiden juga akan dikeluarkan pada minggu ini. Baik Infrastruktur Jalan (Pelebaran jalan) dan landscapenya ditargetkan selesai pada akhir Februari 2022 sebelum Event MotoGP 2022 pada Maret 2022.

Diharapkan pekerjaan infrastruktur dapat tuntas dilaksanakan dan Bidang Bina Marga dan Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi NTB untuk koordinasi maksimal dengan pihak -pihak terkait.

"Semua koordinasi  dan persiapan harus dapat terlaksana sebaik-baiknya sehingga kita dapat menyelenggarakan event MotoGP dan Formula -1 di NTB”, terang Kadis PUPR Provinsi NTB, tutupnya.

Load disqus comments

0 komentar