Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Masyarakat Perbatasan Panen Lele


TNI. Media Dinamika Global. Id. Keberhasilan pelaksanaan program ketahanan pangan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns terus membuahkan hasil, salah satunya budidaya lele yang berhasil dipanen dari hasil budidaya Pos Pamtas Segumun bersama masyarakat Dusun Segumun, Desa  Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam Kab. Sanggau Kalimantan Barat. Minggu (7/11/21)

Hal ini dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau pada Senin (8/11/2021).

Dansatgas mengatakan, Satgas Pamtas akan selalu mendukung dan mensukseskan program pemerintah di sektor ketahanan pangan (Food Estate) dan menyikapi dampak pandemi covid-19 di semua lini kehidupan masyarakat, dalam kegiatan teritorialnya Satgas Pamtas melaksanakan  program food estate di sektor pertanian, peternakan dan perikanan yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan disaat pandemi covid-19.

Salah satunya di sektor perikanan, Pos Pamtas Segumun bersama organisasi masyarakat PKK Dayung Bidayuh membudidayakan ikan lele dan berhasil memanen sekitar 3 kwintal ikan lele setelah berjalan 4 bulan. “Berbekal ilmu yang dipelajari saat Pratugas serta pengalaman ternak lele di Home Base, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns berhasil menerapkan keterampilannya untuk menghasilkan stok pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan,” ucap Dansatgas

Terpisah Danpos Segumun Letda Inf Achmad Siswanto menambahkan, budidaya ternak ikan lele ini bertujuan dalam upaya membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan  serta  mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang mereka miliki untuk dijadikan lahan yang bermanfaat, mengingat secara umum manfaat ikan lele sebagai sumber nutrisi sangatlah baik karena mengandung nutrisi tinggi yang terdiri dari bermacam-macam vitamin serta mineral. 

Ibu Sima selaku Ketua PKK Dayung Bidayuh  menyampaikan apresiasinya dan terimakasih kepada Satgas Pamtas yang memprakarsai budidaya ikan lele. “Budidaya ikan lele ini akan terus kita kembangkan sehingga bisa menjadi percontohan bagi dusun lain. Potensinya cukup besar dan saya berharap agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat perbatasan”, tutur ibu sima. (Pen Satgas Pamtas 643)

Load disqus comments

0 komentar