Doktor Najam: Akselerasi Kerjasama NTB dan Singapura melalui Penguatan SDM Digital


Mataram-NTB , Media Dinamika Global.Id._ Era Digitalisasi telah menjangkau seluruh sektor kehidupan Manusia, terlebih pengaruhnya sangat besar pada sektor ekonomi, budaya dan politik, hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Pertama Kedutaan Republik Singapora di Jakarta, Mr Andrew Leung pada pertemuan dengan Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamudin Amy, S.Sos.,M.M. yang pada kesempatan tersebut membahas kerjasama pada penguatan SDM dalam menghadapi digitalisasi. Rabu (03/01/2024).

"Indonesia sangat cepat sekali dalam penggunaan dan penguasaan internet, dan sangat terbuka, dan ini memungkinkan Sumber Daya Manusianya dapat terus di arahkan untuk pemanfaatan ke arah yang lebih produktif, dan kami di singapura sangat konsen dalam memanfaakannya untuk peningkatan pendapatan masyarakat," ujar Mr. Andrew Leung.  

Selain itu dijelaskan bahwa, beberapa program yang dapat  dibuatkan kerjsamakan untuk NTB dalam penguatan Sumber Daya Manusianya dalam berbagai pemahaman tentang Digitalisasi, terlebih tentang keamanan Digital.

"Pentingnya di NTB mengirimkan anak-anak mudanya, mahasiswa dan pegawai pemerintah untuk melihat pemanfaatan Internet di singapura, selain itu SDM NTB akan meningkatkan pengetahuan tentang keamanan digital".

Di tambhakan oleh Dr. Najam tentang Kondisi NTB yang sudah sejak pandemi, UMKM dan Pemerintah mulai menjajaki dunia digital, untuk beradaptasi pada kemajuan, selain itu soal keamanan digital tentunya menjadi konsen pemerintah provinsi, dan perlu ada pelatihan yang secara intens dan menjajaki berbagai kerjasama dengan berbagai pihak. Di NTB sendiri telah mendapat berbagai penghargaan pada tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik.

"Apa yang di uraikan oleh  Mr. Andre Leung kami Pemerintah Provinsi NTB sangat membuka diri, dan kerjasama ini tentunya diharapkan dapat membantu pada peningkatakan SDM, baik dikalangan pemuda, dan maupun untuk Pegawai Pemerintah".

Selain itu, Soktor Najam berharap untuk segera  pihak Singapura dapat memfasilitasi setiap program Penguatan kapasitas SDM singapura dapat melibatkan masyrakat NTB.

"Harapan kami dapat difasilitasi pada berbagai program yang dapat meningkatkan SDM pada penguasaan digital" tutup Doktor Najam. 

Sementara itu, Andrew Leung yang melihat kondisi NTB yang sangat khas dengan bahasa, budaya dan SDM yang mau belajar, akan segera membuat nota kesepakatan dengan NTB dalam Program-program digitalisasi yang ada di singapura.  

"Saat ini kami sangat mendorong masyarakat singapura untuk menjajaki berbagai peluang di dunia internet, selain dapat memberi manfaat besar pada sektor ekonomi, kerjasama kedepannya akan kami pelajari untuk kita sama-sama sepakati".

(Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments