Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, 6 Unit Rumah di Desa Teke Dilahap Si Jago Merah


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Tepatnya di RT. 16/RW. 08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, telah terjadi Kebakaran 6 Unit rumah (4 unit Rumah Panggung 9 tiang rusak berat, dan 2 unit rumah Permanen rusak ringan). Kamis,(09/11/23)

Didugaan sementara penyebab kebakaran akibat arus pendek/konsleting listrik di rumah panggung tempat penyimpanan padi dan jerami pakan sapi milik Sdr. Abdurahman.

Sementara Identitas Korban kebakaran yakni,

1. Nama : Abdurahman

    Umur : 50 tahun

    Pekerjaan : Swasta

Alamat : RT. 16/RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 2 unit Rumah Panggung 9 tiang rata dengan tanah.


2. Nama. : M. Habibullah

     Umur. : 30 tahun 

     Pekerjaan ; Guru Honorer.

Alamat : RT.16 / RW.08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 2 unit Rumah Panggung 9 tiang rata dengan tanah..


3. Nama. : Yakub 

     Umur : 28 Tahun

     Pekerjaan : Petani 

Alamat. : RT. 16 / RW. 08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian 1 unit Rumah Permanen rusak ringan bagian atap.


4. Nama. : Gajali

     Umur : 28 Tahun

     Pekerjaan : Petani

Alamat : RT. 16 / RW. 08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima, dengan kerugian Rumah Permanen Rusak Ringan bagian atap.

Adapun Kronologis terjadinya kebakaran yang terjadi di RT. 16/RW. 08 Dusun Lewi 1 Desa Teke Kec. Palibelo Kab. Bima adalah, sekitar Pukul 23.20 Wita, sumber api berawal dari rumah 9 tiang tempat penyimpanan jerami dan padi.

Dan pada Pukul 23.30 Wita, salah satu korban melihat api yang sudah membesar dan berteriak meminta bantuan pada warga, sehingga tetangga sekitar berlarian untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Selang beberapa menit kemudian, Babinsa Babin Trantibum dan Babinkamtibmas tiba di TKP untuk membantu warga memadamkan api, dengan cepatnya api akhirnya 4 unit rumah rata dengan tanah.

Selain itu tepat Pukul 00.05 Wita, Mobil Pemadam Kebakaran Kec. Palibelo dan di ikuti dua unit Mobil Pemadam Kebakaran Kab. Bima tiba lokasi kebakaran untuk memadankan api dan puing-puing api yang masih terbakar. Dan api dapat di Padamkan Pukul 00.15 Wita dilanjutkan dengan Pendinginan.

Camat Palibelo ( Kumara Jaya, S.STP.,M.Si.) tiba di TKP Kebakaran, setelah kedatangannya ia langsung memberikan arahan untuk pendataan agar bisa dilaporkan kepada Pimpinan Daerah.

Usai melakukan Pendinginan, Tim Pemadam Kebakaran dengan tiga unit Mobil Pemadam meninggalkan lokasi kebakaran/TKP, dengan situasi terpantau aman dan kondusif.

Paska Kejadian kebakaran situasi di TKP terpantau aman dan kondusif, tidak menimbulkan korban jiwa. Namun Akibat Dampak Kebakaran tersebut kerugian Materil diperkirakan Rp. 500.000.000 ( lima ratus juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut.

4 Unit Rumah panggung 9 tiang beserta isinya terbakar rata dengan tanah.( Rusak Berat), 2 unit Rumah Permanen terbakar di bagian atap dan dapurnya. (Rusak Ringan). (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments