Kegiatan Kosabangsa 2023 Di Desa Riwo Dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna Berbasis Eco-Friendly


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id.-Kegiatan Kosabangsa 2023 di Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, diawali dengan Kegiatan Sosialisasi kepada masyarakata dan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan Tim pelaksana, Tim Kegiatan, Tim pendamping (melalui rekaman video), dan dua kelompok mitra sasaran.

Tim pelaksana merupakan dosen-dosen dari Universitas Nggusu Waru yang telah memenangkan Hibah Kosa bangsa tahun 2023, dengan judul kegiatan Penerapan Teknologi Tepat Guna Berbasis Eco-Friendly Dalam Pengolahan Limbah Pertanian Dan Peternakan Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Peternak Di Desa Riwo. Tim pelaksana di Ketuai oleh Agrippina Wiraningtyas M.Sc serta beranggotakan Sry Agustina, M.Si dan Olahairullah, M.Pd.

Agrippina selaku Ketua Tim Pelaksana menyampaikan, bahwa tujuan acara untuk sosialisasi kegiatan yang akan dilaksanakan sekaligus menggali informasi kembali dari masyarakat yang merupakan mitra Kelompok Tani dan Ternak di Desa Riwo. 

Beliau juga sangat berterimakasih kepada Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, karena berkat kesempatan dan dukungan dari DRTPM KEMENDIKBUD RISTEK kegiatan ini dapat terselenggara.

Dalam kegiatan ini juga Tim pelaksana dan Tim Pendamping, memberikan penjelasan tentang tujuan kegiatan, tahapan kegiatan dan mengharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat dalam mendukung kegiatan ini agar dapat memberi manfaat pada masyarakat. 

Sedangkan pada kegiatan tim pendamping yang diketuai oleh Dr. Dra. Mei Sulistyoningsih, M.Si. yang berasal dari Universitas PGRI Semarang, memberikan sambutannya melalui rekaman video yang diputarkan saat kegiatan. 

Dan pada kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Riwo, Bapak Arifin H. Abubakar yang merupakan mitra kegiatan Kosabangsa di Desa Riwo, yang sekaligus membuka acara tersebut.

Acara dihadiri juga oleh mitra sasaran yang merupakan Kelompok Tani dan Tani -Ternak, yaitu Kelompok Tani Angi Ndai Riwo dan Kelompok Tani-Ternak Ncuhi Riwo.

 Pada kesempatan ini juga PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Desa Riwo, Bapak Nurdin S.ST, yang menyampaikan bahwa di lapangan dari tahun ke tahun terjadi penurunan hasil pertanian di Desa Riwo, hal ini salah satunya karena kejenuahan tanah dan pemakaian pupuk kimia.(***)

Load disqus comments

0 comments