Lima Tahun Kepemimpinan ZUL-ROHMI Alumni SMKN 1 Palibelo Terserap Bekerja Di Perusahaan Jepang Dengan Gaji Fantastis


Palibelo Bima. Media Dinamika Global. Id.- SMKN 1 Palibelo sekolah menengah kejuruan core perikanan budidaya dan pengolahan ikan yang berlokasi di Jalan Syech Shubuh Lintas Palibelo Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Sejak tahun 2013 sampai dengan 2023, telah mengirimkan para alumninya untuk magang kerja selama tiga tahun di  perusahaan-perusahaan kapal penangkap ikan dan pada tahun 2023 ini juga mengirimkan alumninya yang core perikanan budidaya dan pengolahan ikan untuk bekerja di perusahaan pengolahan hasil ikan. Hasil pendapatan gaji para alumni yang berkisar 20- 30 juta perbulan telah memberikan perubahan dari sisi ekonomi keluarga bahkan sudah mampu membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga dan masyarakat di desanya.  

"Selama masa kepemimpinan ZUL-ROHMI Gubernur NTB telah membuka ruang bagi sekolah-sekolah SMK untuk memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memiliki satu siswa satu usaha" Ujar Ratnah, S.Pi, M.Pd Kepala Sekolah SMKN 1 Palibelo di sela kegiatan Expo SMK NTB Gemilang di Mataram.

Menurut dia,  Smkn 1 Palibelo telah membuka jaringan yang banyak dengan dunia usaha dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri. In Sha Allah dalam waktu dekat ini perusahaan-perusahaan Jepang seperti PT. SEII, Tee Kay Corporation dan  Kobuto akan datang ke sekolah kita untuk menyeleksi para Taruna-Taruni. Ungkapnya.

Dengan banyaknya permintaan dari perusahaan jepang, Smkn 1 Palibelo terus berbenah dengan cara peningkatan kualitas peningkatan kompetensi para instruktur, salah satunya dengan mengirimkan para instrukturnya ke BPPMPV Boe Malang dan Upskilling BPPMPV Cianjur untuk mendapatkan ilmu lebih banyak sehingga sepulang dari pelatihan bisa di terapkan di para Taruna - Taruni. 

Keunggulan inilah yang menjadikan SMKN 1 Palibelo di percaya oleh para orang tua wali untuk untuk menitipkan anak-anaknya bersekolah dan bekerja setelah menjadi alumni.

"SMK Bisa, SMK Hebat, SMK Kerja, SMK Wirausaha, SMK Luar Biasa, bukan hanya sekedar jargon NTB Gemilang tapi itu sudah dapat kami lakukan dengan banyaknya para alumni SMKN 1 Palibelo yang sudah bekerja di Jepang berdasarkan Tracer Study kami" Ungkap Ratnah, S.Pi., M.Pd.


"Dukungan Dikbud NTB dan pemerintah Provinsi NTB selama lima tahun kepemimpinan Zul-Rohmi telah memberikan kontribusi bagi SMK - SMK di Nusa Tenggara Barat pada khususnya SMK Core Perikanan Budidaya dan pengolahan ikan. Ujarnya.( MDG 012 ).

Load disqus comments

0 comments