Pemilihan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Roka Kec, Belo


Belo Roka NTB. Media Dinamika Global.id. - Upaya penguatan kelembagaan di desa roka terus dilakukan, hari ini (10/5/2023) telah dilaksanakan pemilihan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang beberapa waktu lalu mengalami kekosongan. Pemilihan LPM desa ini dipimpin langsung kepala desa roka yang dihadiri para stakehorder desa roka kecamatan belo. Adapun yang terpilih sebanyak 2 orang yakni: mahmut Spd, Mualimin S.pt.

LPM desa roka adalah lembaga mitra strategis diluar pemerintahan desa yang membantu dalam meningkatkan partisipasi dan pelayanan penyelenggaraan masyarakat desa. Selain meningkatkan pertisipasi dan pelayanan penyelenggaraan bagi masyarakat, LPM juga ikut serta didalam perencanaan, pelaksanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa roka Kecamatan belo.

Tupoksi LPM desa roka kecamatan belo. berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tepatnya dipasal 4 dan 5 yang isinya sebagai berikut, Tugas LPM: (1) Melakukan pemberdayaan masyarakat, (2) Ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan (3) Meningkatkan pelayanan masyarakat desa. Fungsi LPM: (1) Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, (2) Menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat, (3) Meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakat desa. (4) Menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif, (5) Menumbuhkan, mengembangkan dan menggerakkan prakarsa, partisipasi, swadaya serta gotong royong masyarakat, (6) Meningkatkan kesejahteraan keluarga dan (7) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

pemilihan LPMDS desa roka Kecamatan belo, rabu 10 Mei 2023 NTB nusa tenggara barat, di laksanakan pada pkl 10:15,  dari dua orang yang calon atas nama mahmut spd, dgn mualimin SPT. Sehingga di menangkan oleh mualimin SPT. Dengan perbedaan suara sebanyak 20 biji,.Yang laksanakan oleh pak suhaimin ABD, selaku kades roka, sekertaris pak supardin Spd, ketua BPD, nursahi Spd, dan seluruh rombongan pemerintah Desa roka(Juardin7 MDG).

Load disqus comments

0 comments