Mampu Produksi Pupuk Organik, Danramil 1608-05 Donggo dan Jajaranya Mulai Lepas Ketergantungan Pupuk Kimia


Soromandi NTB, Media Dinamika Global.id.~ Danramil 1608-05/Donggo Kapten Cpl Rusdimail beserta jajaranya mengajak petani beralih ke pupuk organik atau hayati dan tidak bergantung pada penggunaan pupuk kimia,kegunaannya adalah Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia.  pupuk organik diartikan sebagai zat hara tanaman yang berasal dari bahan organik.Sabtu (27/05/2023)

" Seperti diketahui bahwa Kodim 1608/Bima berhasil memproduksi pupuk kompos,gerakan ini tidak berarti meninggalkan penggunaan pupuk anorganik sepenuhnya, melainkan boleh menggunakan pupuk kimia dengan ketentuan tidak berlebihan atau menggunakan konsep pemupukan berimbang," ucap Danramil

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq S.Sos telah berhasil  mengembangkan pupuk organik"BIORNIK" pemanfaatannya  sudah banyak dirasakkan oleh masyarakat kota bima dan Kabupaten  bima,tidak hanya itu seluruh anggota koramil yang ada dijajaran Kodim 1608/Bima telah mebuktikan keunggulan  dari Pupuk Oragink Biornik tersebut,tidak selesai disitu Dandim 1608/Bima juga berhasil mengedukasi seluruh anggota jajaran Koramil yang  ada diwilayah Kodim 1608/Bima untuk  membuat  pupuk kompos,sebelumnya perwakilan anggota  tiap-tiap Koramil ditunjuk untuk melaksanakan tata cara dan tutorial dalam  pembuatan pupuk kompos tersebut yang dipandu langsung  oleh Dandim 1608/Bima.

Menurut Kapten Cpl Rusdimail kebutuhan pupuk organik tersebut, merupakan instruksi dari pimpinan dalam hal ini Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq S.Sos. Bahkan kegiatan ini serentak dilakukan oleh seluruh anggota Koramil di masing masing wilayah.

" Lanjut Danramil, sasaran dalam pembuatan pupuk kompos ini untuk kebutuhan para petani melalui Pemerintah Daerah yang pendistribusian melalui Dinas Pertanian kabupaten Bima pada musim tanam tahun ini.

" Yang jelas, sesuai perintah pimpinan, kami telah selesai mengkemas dan packing sebanyak 103 karung pupuk organik padat ini dan siap untuk disalurkan ataupun diedarkan ungkap sertu munir (SekjendMDG).

Load disqus comments

0 comments