Kata JK Soal Megawati Umumkan Ganjar Pranowo Capres PDIP

Jakarta, Media Dinamika Global.id. - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK angkat bicara terkait Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi capres PDIP. JK mengatakan hal itu merupakan kewenangan PDIP karena Ganjar kader PDIP.

"Itu tentu adalah kewenangan PDIP sendiri dan kita menghormati itu." kata Jusuf Kalla kepada wartawan usai salat Id di Masjid Istiqlal, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2023).

JK tak banyak berkomentar terkait Ganjar capres PDIP. JK sepenuhnya menghormati keputusan PDIP mencapreskan Ganjar Pranowo.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP. Megawati mengungkapkan bahwa sebelum mengumumkan Ganjar Pranowo capres PDIP, dia menggunakan akal budi dan mata hati.

Hal itu diungkapkan Megawati saat mengumumkan Ganjar Pranowo capres PDIP di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4). Menurut Megawati, pengumuman capres PDIP merupakan tanggung jawab terhadap sejarah, mandat dan hak prerogatif berdasarkan keputusan Kongres ke-V PDIP.

Megawati lalu menetapkan Ganjar Pranowo yang saat ini masih menjabat Gubernur Jawa Tengah untuk ditingkatkan tugasnya sebagai capres dari PDIP.

"Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan bismillah menetapkan Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres Republik Indonesia dari PDIP," imbuhnya.

"Tugas dan tanggungjawab saya tersebut bukanlah sebuah hal yang ringan, karena itulah saya gunakan seluruh akal budi, mata hati, dan pikiran," kata Megawati.

Megawati berdialog dengan Presiden Jokowi, termasuk jajaran internal partai Prananda Prabowo dan Puan Maharani, Serta kader dan petugas partai yang telah lama digembleng jadi pemimpin.

Sosok cawapres yang bakal mendampingi Ganjar pun masih teka-teki. Pertanyaan mengenai cawapres langsung ditanyakan kepada Ganjar usai melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed, Solo. Ganjar hanya meminta publik sabar terkait sosok cawapresnya.

Load disqus comments

0 comments