Akibat Diterjang Banjir, Jembatan di Desa Waworada Amblas


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Jembatan di Desa Waworada Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, ambles setelah wilayah selatan Kabupaten Bima diguyur hujan lebat Minggu (02/04/23) siang.

Dilansir Berita 11.Com. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Isyrah melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, M Nurul Huda menjelaskan, jembatan ambles di Desa Waworada yang menghubungkan dengan Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima terjadi setelah intensitas hujan tinggi di wilayah setempat.

 “Jalan tersebut adalah kewenangan Pemerintah Provinsi NTB,” ujar Nurul Huda kepada Awak Media melalui layanan media sosial whatshapp, Minggu (2/4/2023) sore. Curah hujan tinggi di Kecamatan Langgudu juga menyebabkan luapan banjir di sejumlah area persawahan di wilayah setempat.

Dikatakan Huda, sebagaimana laporan BPBD Kabupaten Bima, hujan lebat juga menimbulkan luapan banjir di pemukiman warga Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Luapan banjir mencapai 50 cm dan menggenangi jalan raya di desa setempat.

BPBD mencatat sedikitnya 100 kepala keluarga terdampak luapan banjir pada lima RT di Desa Karumbu Kecamatan Langgudu. “Dampak banjir juga di daerah persawahan di Desa Karumbu Kecamatan Langgudu. Masih melakukan proses pendataan oleh aparat desa setempat,” ujar dia. 

Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin (BMKG Bima) melalui broadcast pukul 13.59 Wita, menyampaikan peringatan dini dampak curah hujan tinggi di wilayah Bima dan Dompu. 

Potensi genangan air di jalan raya dan jalan lici dapat terjadi di Kecamatan Lambu, Kecamatan Langgudu, Kecamatan Monta, Kecamatan Parado Kabupaten Bima, serta Kecamatan Hu’u, Kecamatan Pekat, Kecamatan Manggelewa dan Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. (MDG 002)

Load disqus comments

0 comments