Peluang Terbuka Bagi Mahasiswa Menjadi Wirausaha Yang Potensial


Mataram, Media Dinamika Global.Id.--
Mahasiswa adalah generasi yang sering disebut sebagai agen perubahan. Mahasiswa memiliki ilmu yang tinggi serta mahasiswa memiliki pemikiran dan ide baru yang kreatif serta inovatif. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa harus mampu melakukan perubahan-perubahan baru kearah yang lebih baik.


Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB, Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Pemberdayaan Industri Aryanti Dwiyani, M.Pd menjadi pemateri pada acara Farewell Party and White Campus Awards (FPWCA) dengan tema "Menumbuhkan Semangat Entrepreneur Mahasiswa untuk Mewujudkan Indonesia yang Aktif, Kompetitif dan Inovatif" yang diadakan oleh BEM FKIP Universitas Mataram bertempat di Aula Pendopo Walikota Mataram, Sabtu, 10 Desember 2022. 

Pada kesempatan tersebut, Aryanti menyampaikan bahwa entrepreneurship atau kewirausahaan secara umum adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Tentunya, para pemuda yang masih berstatus mahasiswa memiliki peluang terbuka untuk menjadi seorang wirausahawan baru yang potensial.

Selain itu, para wirausahawan muda jika ingin berhasil harus memiliki beberapa sikap, diantaranya: memiliki rasa tanggung jawab, dinamis, ulet, gigih, berani menerima kritik dan saran, serta inisiatif tinggi untuk kemajuan. 

Aryanti juga menjelaskan dukungan Dinas Perindustrian NTB yang ditujukan kepada wirausaha baru seperti Klinik Konsultasi Industri Aplikasi SIMANIS, Sertifikat Halal, HAKI Merk, Pelatihan dan Bimbingan Teknis. 

"Disperin mengadakan beberapa pelatihan dan bimbingan teknis untuk para Industri Kecil Menengah untuk meningkatkan keahlian para IKM, dan juga menciptakan wirausaha-wirausaha baru," tuturnya. 

Tak lupa Kepala Bidang Sarpras tersebut menyampaikan peran dari UPTD Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB dalam pelayanan serta membuka konsultasi terkait dengan kemasan maupun desain kemasan produk dan juga pengadaan kemasan produk daerah untuk IKM NTB. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar